image_pdf
Memorandum of Agreement (MoA) UM dengan James Cook University Australia

Malang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Seminar Kolaborasi dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan beberapa pihak dalam rangka menyikapi bencana alam. 4 pihak tersebut diantaranya adalah Dr. Yetta Gurtner dari Center for disaster – James Cook University Australia, Syamsul Bachri, Ph.D., dari Pusat Studi Kebencanaan Mitigasi dan Lingkungan Universitas Negeri Malang, Sorja Koesuma, S.SI., M.SI., dari Sekjen Forum Perguruan Tinggi Untuk Pengurangan Resiko Bencana, dan H. Ahsanul Halik, S.Sos., M.H., selaku Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seminar yang diikuti oleh para pemerhati lingkungan dan bencana tersebut dilaksanakan pada Rabu (07/10) di Ruang Aula Graha Rektorat UM. Sebelum penyampaian materi seminar berlangsung, LP2M UM menjalin kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diwakili oleh kepala BPBS Provinsi NTB yakni H. Ahsanul Halik, S.Sos., M.H.

Syamsul Bachri, Ph.D. menyampaikan materi

Materi pertama berjudul Disaster Risk Reduction in Indonesia yang disampaikan oleh Dr. Yetta Gurtner. Ia menjelaskan mengenai beberapa hal mengenai pengurangan resiko bencana alam di Indonesia. Sebelumnya, Ia melansir data mengenai frekuensi bencana alam yang sering terjadi akhir-akhir ini di Indonesia. Setelah itu, Ia menyebutkan apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam mengurangi resiko bencana.

“Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah melakukan penilaian yang sistematis dan berkelanjutan, memantau dan mengevaluasi, transparansi, akuntabilitas, komunikasi, berdaptasi dan dapat menarik hikmah dari setiap bencana yang telah terjadi,” ujarnya.

Seluruh pemateri berfoto bersama

Materi selanjutnya disampaikan oleh Syamsul Bahri, Ph.D dengan materi yang berjudul “Peran Pendidikan Kebencanaan dalam Pengurangan Resiko Bencana di Indonesia”. H. Ahsanul Halik menyampaikan materi yang ketiga dengan judul “Kolaborasi Pemerintah dan Multisektor dalam Pengurangan Resiko Bencana di Indonesia”. Lalu materi terakhir disampaikan oleh Sorja Kusuma, S.Si dengan judul Disaster Risk Reduction in Indonesia based on Community.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kautsar S – Humas UM