image_pdf

Malang. Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) kembali berhasil peroleh Juara harapan II Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (Himatika) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada (7/3) di Kampus FMIPA UNY

Lomba dan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (LSM) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan rutin oleh Himatika FMIPA UNY. Sesuai dengan namanya, LSM adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari Lomba Matematika dan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Lomba matematika diselenggarakan untuk siswa SMP, SMA, dan Mahasiswa se-Indonesia. Seminar Nasional Matematika diselenggarakan untuk pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan seluruh praktisi matematika dan juga memberikan kesempatan kepada para praktisi untuk menyalurkan bakatnya sebagai pemakalah dalam acara seminar..

LSM XXVIII bidang Kompetisi Mahasiswa tingkat Nasional yang mengusung tema “Mengoptimalkan Masa Depan dengan Matematika“ ini berhasil dimenangkan oleh deretan kampus ternama seperti UGM, UI, IPB dan UM. Melalui berbagai tahapan seleksi, M. Nur Alamsyah dan Rofiud Darojad berhasil memperoleh juara Harapan II.

Alamsyah menjelaskan bahwa mereka tidak menyangka bisa berada ditahap tersebut karena pesaing yang andal dan berasal dari kampus terbaik yang harus menjadi lawan mereka. “Ya alhamdulillah bisa berada dibabak tersebut dan memperoleh juara Harapan II. Hanya saja ketika final kurang maksimal padahal ketika semifinal sudah berada di urutan ketiga kemudian terjun bebas ke urutan kelima. Saya berharap next time bisa meningkatkan dan lebih  baik lagi”, ungkapnya. Alamsyah dan Rofiud sangat bersyukur bisa bersaing bersama kampus-kampus ternama dan juara Harapan II se-Nasional.

Terdapat hal yang berbeda dan unik di Jurusan Matematika. Alamsyah menjelaskan bahwa terdapat kegiatan yang menampung minat mahasiswa dalam bidang olimpiade-olimpiade matematika. Persiapan yang matang dan bimbingan dari dosen terkait perlombaan sangat membantu mahasiswa untuk mendalami minat dan bakat tersebut. Tidak hanya itu, diakhir pekan juga akan diadakan kegiatan belajar bersama dengan teman-teman seangkatan maupun dengan senior di jurusan matematika.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM