image_pdf

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Falah Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan pembukaan manasik ibadah haji pada Minggu, (21/01). Kegiatan berlangsung di Masjid Al- Hikmah UM serta diikuti oleh para calon jamaah haji 2024 dan alumni KBIHU Al- Falah UM.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya sebagai persiapan untuk para calon jamaah haji 2024. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah silaturahmi bagi alumni jamaah haji yang sudah berangkat pada tahun-tahun sebelumnya. Manasik kali ini dihadiri langsung oleh 59 orang, baik dari calon jemaah haji dan alumni KBIHU Al- Falah UM.  

Dalam wawancara eksklusif, Ketua KBIHU Al-Falah Ust. Nur Faizin menerangkan peserta yang turut hadir manasik haji kali ini, “Acara pagi ini selain dihadiri oleh para calon jamaah haji 2024 namun juga dihadiri oleh alumni KBIHU yang sudah berangkat pada tahun–tahun sebelumnya,” ucap Ust Nur Faizin Ketua KBIHU Al- Falah.

Ust. Nur Faizin selaku Ketua KBIHU AL-Falah juga menjelaskan langsung mengenai tujuan dari kegiatan manasik, “Untuk mempersiapkan semua keperluan terkait pelaksanaan ibadah haji yang akan tiba pada pertengahan bulan Juni 2024. Tidak hanya persiapan mengenai ibadah saja namun dalam manasik haji ini juga mempersiapkan terkait dengan perizinan dan juga kesiapan kesehatan para calon jamaah haji,” ungkap Ketua KBIHU Al-Falah.

“Dalam manasik seperti ini KBIHU Al- Falah UM juga membimbing peserta untuk mempersiapkan perizinan yang diperlukan seperti paspor dan juga visa,” terang Ust Nur Faizin saat diwawancarai.

KBIHU Al-Falah UM dibentuk guna memberikan pelayanan dalam bidang keagamaan khususnya dalam bidang haji dan umroh, sehingga hal ini UM tidak hanya memberikan pelayanan sebagai kampus pendidikan namun juga dapat memberikan pelayanan keagamaan bagi masyarakat luas.

Dalam memberikan pelayanan, KBIHU Al- Falah UM juga memberikan pendampingan yang modern, hal ini diungkapkan oleh alumni KBIHU Al- Falah UM tahun 2023 bapak Agus Setiyawan.

Dalam wawancara kepada bapak Agus Setiyawan juga memberikan ungkapan mengenai testimoni saat menjadi jamaah dari KBIHU Al-Falah ini, “Jadi tidak hanya memberi jadwal pelaksanaan ibadah yang diharuskan untuk berkelompok namun dalam jadwal yang diberikan terdapat waktu rekreasi yang dapat dimanfaatkan oleh para jamaah haji untuk berkeliling kota,” jelas Agus Setiyawan.

Tentu itu merupakan hal yang positif dan masih jarang ditemui, sebab umumnya jadwal yang diberikan oleh panitia hanya jadwal pelaksanaan ibadah dan harus dilaksanakan secara berkelompok sehingga waktu ibadah jamaah haji tidak bisa fleksibel.

Selain itu beliau juga menambahkan bahwa dalam KBIHU Al-Falah UM memiliki tali persaudaraan yang sangat erat dan tetap terhubung setiap tahunnya. “Saya senang karena dalam KBIHU Al- Falah UM ini tali persaudaraan tetap tersambung setiap tahunnya sehingga semakin banyak saudara,” pungkas Agus Setiyawan.

Dalam acara ini juga disampaikan mengenai persiapan kesehatan bagi para calon jamaah haji 2024 baik dari kesiapan administrasi kesehatan. Sehingga pada saat pelaksanaan ibadah haji jamaah benar-benar dalam keadaan sehat dan siap melaksanakan ibadah di Tanah Suci. 

Kegiatan manasik ini masih akan berlanjut selama beberapa bulan kedepan hingga mendekati pemberangkatan.“Manasik ini akan terus berlanjut hingga mendekati pemberangkatan, sehingga calon jamaah haji benar- benar siap menunaikan ibadah haji.”, Pungkas Agus Setiyawan.

Diharapkan dengan digelarnya kegiatan manasik haji oleh KBIHU Al-Falah UM ini dapat menyiapkan para calon jamaah haji yang siap beribadah di Tanah Suci dan pulang ke Tanah Air dengan sehat dan menjadi haji yang mabrur.

Pewarta: Trisna Marsadi

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM