image_pdf

Malang. Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan “Workshop Jurnalisme Digital 2019” bagi mahasiswa. Acara yang diselenggarakan di Aula Perpustakaan lt.2 pada Sabtu (30/3) mengambil tema “Mahasiswa Melek Jurnalisme Digital“. Sebanyak 44 peserta hadir memenuhi ruangan itu berasal dari berbagai jurusan di FS.

Acara yang mengulas tuntas mengenai bagaimana cara menulis yang menarik dan kreatif ini dibuka oleh Wakil Dekan III FS Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I., yang menjelaskan bagaimana pentingnya mahasiswa untuk menulis. Pemateri dalam workshop ini adalah M. Zufikar Albaba selaku pendiri Indiekraf serta manager operasional DILo Malang dan Heryanto selaku pemimpin redaksi PT. Jatim Times Network. Selain materi pada workshop ini juga mengenalkan pada mahasiswa pentingnya dunia kepenulisan di media social khususnya website FS.

Heryanto menjelaskan pentingnya kreatifitas dalam menulis di media sosial dan digital untuk memajukan kampus.

“Kreatifitas dalam jurnalisme sekarang sangat diperlukan sekali. Dimana dunia digital semakin maju dan penuh dengan tantangan. Menulis kreatif menjadi salah satu cara untuk memajukan kampus selain prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Dengan tulisan yang baik dan menarik mampu memberikan gambaran kepada calon mahasiswa untuk daftar di UM khususnya Sastra”, ujarnya.

“Selain tulisan yang dimuat di media cetak maupun digital, sebagai mahasiswa juga bisa membuat vlog ataupun infografis tentang sebuah acara. Dengan memperhatikan kaidah dalam kepenulisan dan struktur akan menambah ketertarikan kepada orang lain untuk melihat tulisan yang kita buat. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat diaplikasikan nantinya apabila kalian menjadi jurnalis”, ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan setiap peserta menuliskan karyanya mengenai acara workshop kali ini. Setiap peserta diharapkan mempresentasikan karyanya untuk menunjukkan bahwa acara workshop ini berhasil membuat anak sastra melek media digital.

Pewarta           : Nuri Riskian – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Fitriyatin Bunga Rindang Utami Wiyono – Mahasiswa UM