image_pdf
Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd, Rektor UM

Malang. Dalam rangka memperluas kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri, Universitas Negeri Malang (UM) dan Graduate School of Engineering Science, Osaka University sukses melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pertukaran pelajar internasional. Kesempatan ini tentu menjadi hadiah spesial pada Dies Natalis UM ke-66 kali ini. Pasalnya, hal ini berarti UM telah terbukti menjadi rujukan dunia dalam proses pendidikan.

Penandatanganan MoU antara UM dan Osaka University pada Jum’at (16/10) ini dilaksanakan secara daring. Penandatangan dari Osaka University diwakili oleh Prof. Kano Yutaka, Dekan Pascasarjana Ilmu Teknik, Engineering Science Osaka University pada Kamis (10/9) lalu. Sedangkan UM diwakili oleh Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd, Rektor UM. Umakoshi Hiroshi dari Department of Materials Engineering Science, Graduate School of Engineering Science, Osaka University menyampaikan bahwa pihaknya siap berkontribusi dalam penelitian Indonesia khususnya dalam bidang teknik sains. Osaka University dan UM juga dapat bekerja sama dalam memenuhi alat dan bahan untuk penelitian. “Kami siap untuk menjadi teman dekat bagi Indonesia, khususnya UM dalam berkontribusi pada penelitian teknik sains di Indonesia. Kami sangat excited berkolaborasi dengan UM”, ungkap Umakoshi.

Prof. Kano Yutaka, Dekan Pascasarjana Ilmu Teknik,
Engineering Science Osaka University

Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd., menyampaikan bahwa potensi yang dimiliki UM sangat besar, khususnya dalam bidang teknik. Walaupun UM dikenal sebagai kampus pendidikan, namun kapabilitas dibidang teknik tidak bisa dipandang sebelah mata. “Kami meyakini bahwa UM dapat menjadi rujukan yang baik dalam jendela internasional sehingga pertukaran pelajar antara UM dan Osaka University akan membawakan dampak yang baik”, ungkapnya. UM meupakan kampus yang mudah beradaptasi, memiliki pengalaman akademik yang mumpuni. Sehingga peluang kontinuitas kolaborasi antara UM dan Osaka University kemungkinan besar akan terus terjadi.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan belajar dan melakukan penelitian di kedua universitas. Kolaborasi ini tentu akan menambah pengalaman dan mengasah kapabilitas mahasiswa terhadap teknik itu sendiri. Prof. Rofi’uddin sangat mengapresiasi kolaborasi semacam ini serta berharap kolaborasi ini agar tetap berlanjut.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM