image_pdf

Banyuwangi. Sering kali siswa SMA tingkatan akhir menemui masa kebimbangan tentang langkah yang akan diambil seusai lulus dari sekolah. Pilihan antara berkuliah atau bekerja menjadi topik yang selalu dibahas setiap tahunnya. Tidak jarang pula mereka yang ingin berkuliah tidak dapat meneruskan impiannya sebab kurangnya informasi yang didapatkan atau bahkan disinformasi yang menyurutkan semangat mereka. 

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa dari beberapa universitas yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) menyelenggarakan kegiatan Banyuwangi Education Festival (BEF). Kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan informasi seputar dunia perkuliahan tersebut dihelat selama dua hari pada tanggal 14-15 Januari 2022 di aula SMKN 1 Banyuwangi dan diperuntukkan kepada khalayak umum. 

Berbagai macam booth dari universitas ternama ikut meramaikan acara BEF salah satunya dari Universitas Negeri Malang (UM). Daffa Rafif Maulana selaku perwakilan dari Ikawangi UM menuturkan ragam informasi yang  kepada siswa siswi kelas XII termasuk jalur masuk kampus, sekaligus mengenalkan UM dan memberikan tips and tricks agar diterima di kampus pilihan. “Semoga event expo campus seperti ini bisa diadakan lagi setiap tahun, karena sangat membantu siswa siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Banyuwangi untuk semangat kuliah, mengetahui jalur masuk kuliah, bisa mendapatkan tips & tricks dari kakak yang sudah kuliah, dan juga bisa konsultasi mengenai jurusan yang cocok untuk dirinya jika ingin kuliah,” tuturnya.

Antusiasme peserta pada acara ini terlihat jelas dengan penuhnya pengunjung booth untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Banyak peserta yang merasa mendapatkan banyak manfaat yang membantu mereka lebih paham tentang dunia perkuliahan. Harapan kedepan adalah kegiatan ini bisa terus berlangsung agar bisa terus megedukasi pelajar di Banyuwangi untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang yang tinggi.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah

Pewarta foto: Ikawangi UM