image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) masih melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk persyaratan wajib mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Pada tanggal 27 April 2019, UTBK masih dalam tahap 3 di gelombang pertama. Gelombang pertama akan berakhir pada tanggal 04 Mei 2019 dan dilanjutkan untuk gelombang dua UTBK.

DR. Agus Hermawan, M.Si Selaku Ketua Pelaksana menyampaikan tentang UTBK diminggu ini.

“Bahwa UTBK untuk hari ini masih berjalan sesuai dengan rencana dan aman-aman saja secara keseluruhan, namun ada sedikit gangguan tadi ada mahasiswa yang bermain musik diluar dan terdengar sampai dalam sehingga diberi peringatan. Selain itu juga ada yang ditolak karena memang sudah telat” 

Lebih lanjut lagi, Agus menjelaskan bahwa UM masih bekerjasama dengan 4 mitra karena memang ketersediaan komputer dengan siswa yang mendaftar tidak sesuai sehingga membutuhkan kerjasama dengan 4 kampus di Malang. Di UM sendiri, pelaksanaanya berada di ruang-ruang lab komputer.

Penanggung jawab UTBK yang berada di UM yaitu berada di bawah Wakil Rektor I UM yaitu Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. Penanggung jawab lokasi UTBK dari Wakil Dekan (WD) baik WD I, WD II, WD III fakultas yang berada di UM. Didalam ruangan UTBK tersebut terdiri dari dosen-dosen atau tenaga didik dan didampingi oleh satu teknisi komputer untuk mengatasi adanya masalah.

Pak Agus selaku ketua pelaksana menjelaskan lagi bahwa untuk UTBK ditahun ini menjadi lebih mudah dan lebih praktis, karena jika dulu semua dosen-dosen itu dilibatkan karena memang harus menjaga ruangan, namun untuk tahun ini hanya beberapa dosen yang terlibat dalam UTBK tahun ini. Hal yang terpenting bahwa pelaksanaan UTB tahun ini adalah selalu senantiasa berkomunikasi dari berbagai pihak salah satunya dengan poliklinik, harus adanya komunikasi karena di gelombang pertama kemarin tidak ada yang sakit dan minggu ini ada beberapa yang sakit sehingga perlu adanya komunikasi dengan seluruhnya untuk antisipasi dan kesiapsiagaan UTBK tahun ini.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM