image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKI) dalam rangka sertifikasi tes psikologi bagi konselor pendidik tahun 2019. Kegiatan pembukaan acara ini diselenggarakan di Gedung H1 Pascasarjana UM, dibuka pada tanggal 22 April dan diakhiri tanggal 27 Mei 2019. Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan diawali dengan sambuan awal dari Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes selaku panitia dan Ketua Ikatan Instrumentasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (IIBKIN).

Selain sambutan dari Ketua IIBKIN, sambutan dalam Pembukaan Sertifikasi Tes Psikologi bagi Konselor Pendidik yaitu Direktur Pascasarjana, Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (PB ABKIN) Dr. H. Muh Farozin, M.Pd dan Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut Rektor UM mendapatkan kesempatan untuk memberikan penyemangat untuk peserta dalam kegiatan tersebut.

Ketua Umum PB ABKIN, Dr. H. Muh Farozin, M.Pd dalam sambutannya berharaap kepada peserta.

“Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 25 hari, saya berharap penuh untuk dapat mengikuti arahan dari instruktur dalam kegiatan ini. Selain itu juga saya harapkan untuk bapak/ibu yang sudah menjadi dosen dapat memberikan pengalaman pada mahasiswa dan yang belum, yang masih menjadi guru dapat memberikan pengalaman untuk siswa dan lolos menjadi dosen” ujarnya.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyampaikan pendapat dalam sambutannya.

“Kegiatan sertifikasi ini masih dibutuhkan, perjalanan waktu selama 25 tahun yang masih berlanjut sampai sekarang ini menjadi tand bahwa profesi dari bapak/ibu masih diperlukan oleh publik khususnya sekolah-sekolah” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Rofi’uddin menyampaikan mengenai industri 4.0. Bahwa industri itu dimaknai secara luas, jangan hanya tentang mesin. Semua diusahakan mengikuti perkembangan jaman seperti contoh program D3 yang memiliki 24 mitra kerja dan industri, sehingga diharapkan jurusan dan fakultas juga berupaya untuk menggalang dan bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dalam acara tersebut, pengalungan tanda peserta diwakilkan oleh 2 orang peserta yang dikalungkan oleh Rektor UM.

Pewarta           : Riki Pratama- Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah- Internship Humas UM