image_pdf
Registrasi Peserta Tosbeca Tahun 2020

Trenggalek. Tahun 2020 merupakan tahun untuk para siswa-siswi kelas XII di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Trenggalek untuk bersaing mendapatkan kursi dalam bangku perkuliahan. Mahasiswa Trenggalek Universitas Negeri Malang (MAGNUM) hadir untuk memfasilitasi para siswa-siswi untuk mengasah dan memersiapkan diri untuk menuju bangku perkuliahan lewat Tosbeca Tahun 2020.  Dilaksanakan di MAN 1 Trenggalek, Minggu (12/01) peserta Tosbeca Tahun 2020 melebihi target.

Tosbeca 2020 merupakan Tryout Simulasi UTBK & Expo Kampus yang merupakan program kerja tahunan MAGNUM yang bergerak dalam bidang pendidikan. Tosbeca merupakan wadah  untuk para siswa-siswi SMA/MA/SMK untuk melatih kemampuan khususnya dalam jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Selain  simulasi UTBK, dalam kegiatan ini juga diadakan kegiatan Expo Kampus untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi mengenai kampus yang ada di sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Timur. 

Presensi Peserta Tosbeca Tahun 2020

Dilakukan dengan sistem online, Tosbeca Tahun 2020 dibuat semirip mungkin dengan sistem UTBK yang aslinya. Tahun ini peserta Tosbeca telah melebihi target, dari target 350 dan peserta tahun ini sebanyak 407 peserta. Persiapan yang dilakukan tergolong singkat tidak sampai satu bulan. Promosi yang dilakukan untuk menyebarkan informasi ini dilakukan melalui media sosial dan sosialisasi kampus per sekolah.

Ketua Pelaksana Tosbeca Tahun 2020 Dini Elita Berliana dari Jurusan Kesehatan Masyarakat menjelaskan tentang harapan kegiatan ini.

Suasana Pengerjaan Try Out

“Dengan adanya Tosbeca ini diharapkan para peserta dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK, selain itu peserta juga dapat mengetahui gambaran UTBK serta jurusan yang diminati dari panitia yang mengikuti UTBK di tahun sebelumnya melalui Expo Kampus. Selain itu saya juga berharap Tosbeca di tahun selanjutnya peserta bisa lebih banyak lagi dan jangkauannya lebih luas” ujarnya.

Panitia Tosbeca Tahun 2020

Kegiatan Tosbeca Tahun 2020 ini dimulai jam 06.30-07.30 WIB dengan registrasi dan presensi peserta untuk masuk kelas, dilanjut dengan sharing oleh MAGNUM, persiapan teknis, jam 09.00 WIB adalah dimulainya pengerjaan ujian. Setelah Ishoma kegiatan dilanjut dengan Expo Kampus serta di akhir acara dilanjut dengan pengumuman pemenang.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM

Tim Dokumentasi MAGNUM