image_pdf

Lokakarya pengelolaan jurnal yang kembali digelar sebagai cara rutin sudah mencapai angka ke-47. Acara tersebut dilaksanakan pada Senin (13/03) bertempat di aula lantai 9 Graha Rektorat UM (Universitas Negeri Malang). Jajaran pimpinan hadir dalam acara tersebut, seperti Ketua LPPM, Wakil Rektor III, Sekretaris LPPM, Kepala Pusat Publikasi Akademik, serta perwakilan dosen dari berbagai fakultas. Pemateri lokakarya adalah Yoga Dwi Arianda, S.T., merupakan Koordinator Kekayaan Intelektual dan Publikasi Ilmiah menyampaikan perihal pengelolaan jurnal sesuai pedoman akreditasi jurnal ilmiah.  

Lokakarya diselenggarakan untuk mempertahankan tradisi lokakarya pengelolaan jurnal yang sudah ada sejak lama. Selain itu, lokakarya ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada pengelola jurnal, utamanya pengelolayang masih baru dan perlu diperkuat lagi pengetahuannya.

“Seperti yang sudah diinstruksikan oleh kementerian, jurnal nasional itu arahnya sudah harus kualitas, kualitas papernya. Jadi kami ingin meningkatkan itu, termasuk jika hendak akreditasi, ke depannya akreditasi tidak semudah yang kemarin. Pertama kualitas yang kedua internasionalisasi. Jadi semua jurnal diarahkan untuk menjadi konsumsi global bukan hanya nasional sehingga menjadi tuntutan baru untuk pengelola jurnal” tutur Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.MT.,Ph.D selaku Kepala Pusat Publikasi Akademik UM.

Setiap perwakilan fakultas hadir mengikuti lokakarya pengelolaan jurnal. Seluruh Jurnal di UM mencapai angka 90-an dan yang diundang adalah pengelola dari 50 jurnal di UM. Kelanjutan dari program ini cukup banyak, salah satunya tim percepatan jurnal akan berkunjung ke dua fakultas setiap minggunya. Pada lokakarya berikutnya, yakni seri 48 yang akan dilaksanakan pada bulan september nanti, yang belum bisa mengikuti seri 47 bisa mengikuti seri 48. 

“Harapan yang pasti, kesadaran para pengelola jurnal meningkat, bahwa jurnal adalah bagian dari dirinya. Sehingga dia bisa mengelola jurnal dengan hati dan nanti lebih tingginya lagi mengelola dengan hati-hati” imbuh Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.MT.,Ph.D.

Setelah acara ini diharapkan kepekaan serta peningkatan kualitas jurnal bisa terus ditingkatkan. Harapannya 90 jurnal UM bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. 

“UM ini jurnal sudah terlanjur banyak, posisi akreditasi sudah mencapai 66 jurnal dari 90 jurnal yang kita punya. Untuk mempertahankan dan meningkatkan akreditasi, kemampuan pengelolaan jurnal, kesadaran pengelolaan jurnal, dan kerelaan pengelolaan jurnal harus ditingkatkan supaya jurnal tetap terkelola dengan baik utamanya bisa masuk akreditasi nasional mulai peringkat 1-6” tutup Kepala Pusat Publikasi Akademik UM.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah