image_pdf

Malang. Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang (HI UM) menyelenggarakan agenda perpisahan dan penyambutan direktur baru pada Jumat (1/3) yang dihadiri pimpinan UM dan belasan staf HI UM. Kegiatan ini bertempat di Batavia Resto Jalan Jakarta dengan tujuan untuk meningkatkan manajemen mutu kelembagaan serta pengembangan koordinasi kerja sama internasional.

Prof. Dr. Yazid Basthomi , M.A. memaparkan kinerja pencapaian HI UM melalui sambutannya. “Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak untuk loyalitasnya kepada kampus UM dengan menjaring kerja sama internasional selama 4 tahun. Prioritas yang harus ditingkatkan untuk kedepannya adalah dari sisi penataan kantor agar lebih kondusif. Selain itu, HI UM harus memiliki rekam jejak kinerja pencapaian dari sisi dokumen maupun digital. Kerja sama terbaru yang sudah terealisasi saat ini adalah Kerja sama antara Program Erasmus maupun Mevlana University dalam hal pertukaran pelajar dan student mobility ” Ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Evi Eliyanah , S.S., M.A. selaku direktur baru HI UM tengah berupaya meningkatkan kerja sama internasional untuk kedepannya. “Saat ini UM tengah berupaya untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional untuk kuliah degree programme di UM serta menambah daya tampung mahasiswa transfer kredit untuk semua fakultas dan jurusan ke kampus luar negeri. Tidak hanya itu, UM juga menambah kerja sama di bidang industri dan teknologi supaya mahasiswa UM tidak hanya magang di perusahaan dalam negeri saja namun juga d iperusahaan multinasional dalam kurun waktu yang ditentukan. Hal ini, tentu terjadi apabila ada koordinasi dengan perusahaan transportasi seperti grab yang sudah mengusai pasar otomotif asia tenggara” Ungkapnya.

Pihak kampus UM akan terus meningkatkan relasi dengan HI UM untuk memperluas ekspansi dalam bidang pendidikan dengan membentuk tim khusus pengembangan kerja sama. Selain itu, pihak terkait juga akan mengeksplorasi negara yang belum pernah tersentuh MoU penelitian seperti Australia dan Selandia Baru dengan dukungan institusional.

Penulis : Said Maulana Ibrahim

Fotografer : Derin Aypa Berhama Zega