image_pdf

Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM), Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang pada bulan November tahun 2023 menjadi tamu undangan dalam Festival Ethnic Situbondo (FES). FES diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo Jawa Timur, yang menyajikan seni dan budaya dari beberapa wilayah Jawa Timur, Bali dan Jawa Tengah.

Pada Festival Ethnic Situbondo 2023 kali ini, PSTM menampilkan karya tari berjudul HUSWA MATAYA salah satu karya prodi, dibawah tanggung jawab Kaprodi Pendidikan Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. Dan dibawah pembina Dr. Tri Wahyuningtya, M.Si; Hartono, S.Sn, M.Sn; Wida Istiandini, S.Pd, M.Pd dan Yurina Gusanti, S.Sn, M.Sn.

Karya tari Huswa Mataya merupakan gambaran spirit sosok penari Beskalan putri Malang yang melegenda.. Mak Riyati  sebutannya.  Semangat, pantang menyerah dengan motivasi tinggi selalu memberi ilmu di setiap nafasnya dalam mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal di tengah era milenial. Semangat yang terus bergejolak tak terbatas oleh waktu demi terjaganya kualitas berbudaya generasi muda.

“Nafas tubuhku bergeliat dalam usia, gejolak renta mengisi ruang batinku

Jiwa-jiwa tubuhku terkoyak syahdu, mengiringi langkahku dalam harapan

Berjalan beriring menggenggam asa, demi  cinta yang tak lekang oleh usia”.

Karya ini tak hanya mempesona melainkan juga menyampaikan nilai-nilai kearifan lokal kepada generasi milenial. Melalui gejolak semangat yang tak terbatas, PSTM mendedikasikan ilmu dan cinta untuk terjaganya budaya dalam era yang terus berubah. Penampilan ini menjadi manifesto pantang menyerah dan dedikasi untuk mengembangkan nilai-nilai budaya di tengah arus milenial. Sebuah persembahan yang terus bergejolak, menggenggam asa dan cinta yang tak lekang oleh usia.

Pewarta: Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. – Ketua Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM