image_pdf
Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang) melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela negara di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang)

Minggu pagi (25/06/2023), Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang) melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela negara di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (25 s.d 26 Juni 2023) ini diikuti sebanyak 884 mahasiswa PPG Prajab.

Para peserta PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 berasal dari berbagai program studi, yaitu; PGSD, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Pendidikan Jasmani Keolahragaan, dan Pendidikan Luar Biasa. Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter Pancasila dalam diri calon Pendidikan sehingga siap diterjunkan di sekolah-sekolah dengan mengamalkan nilai-nilai baik Pancasila. 

Ketua Prodi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd., sebagai dalam sambutannya memaparkan bahwa sudah seharusnya sebagai manusia yang dilahirkan di negeri yang kaya dan penuh potensi ini kita harus mencintai Indonesia dengan sepenuh hati yang bisa dilakukan melalui kegiatan bela negara ini.

“Saudara-saudara sekalian yang saya hormati, Tuhan Yang Maha Esa telah mentakdirkan kita lahir di negeri yang damai, indah, dan subur ini, yaitu negeri tempat kita tumbuh dan berkembang, belajar dan bermain, bekerja dan betetangga dengan penuh cinta. Negeri yang oleh orang-orang di negeri lain disebut sebagai serpihan surga yang dilontarkan ke bumi. Oleh karena itu, mari kita mencoba belajar membalas atas semua yang telah kita nikmati di negeri kita tercinta ini,” ucap Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd.

“Kegiatan bela negara ini merupakan kegiatan penuh yang utama selain kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan praktiknya di sekolah. Oleh karena itu, sebagai calon guru profesional kami mohon saudara-saudara sekalian memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar terkait karakter, sikap, dan budi luhur karena sikap dan budi luhur ada di atas segala-galanya bahkan ada di atas ilmu yang telah kalian miliki,” lanjutnya.

Ketua pelaksana kegiatan bela negara prodi PPG UM, Agus Suyetno, S.Pd, M.Pd., menjelaskan akan ada empat rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh mahasiswa PPG Prajabatan UM yaitu kegiatan bela negara yang menjadi rangkaian pertama, dilanjutkan dengan kepramukaan, bina mental, dan terakhir kewirausahaan. 

“Bela negara prinsipnya membentuk karakter. Kami berharap dengan mereka melaksanakan kegiatan bela negara ini karakternya bisa terbentuk. Karena mereka kan setelah ini ditujukan menjadi pendidik. Jadi mereka bisa menyalurkan karakter-karakter kedisiplinan kemudian siap untuk ditugaskan ke sekolah mana dan disiplin dan patuh ke pimpinan,” ungkapnya.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM

Editor : Suhardi