image_pdf

Malang. Dalam rangka mendukung program internasional “Green Chemistry” yakni Kimia yang ramah lingkungan, jurusan Kimia Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kuliah tamu mengenai Small Scale Chemistry yang disampaikan oleh Prof. Dr. Supawan Tantayanon, Thailand. Kuliah yang dilaksanakan di gedung O2 Fmipa tersebut dihadiri oleh seluruh dosen kimia dan beberapa perwakilan mahasiswa Kimia dari masing-masing kelas pada Selasa (16/07).

Dr. Anugrah Ricky Wijaya selaku sekertaris Jurusan Kimia membuka kuliah umum tersebut.  Small Scale Chemistry ini, jelasnya, adalah semacam teknik dimana tujuannya yaitu menggunakan bahan kimia seminimal mungkin sehingga limbah yang dihasilkan pun juga sedikit, tetapi tidak merubah esensinya.

“Selama ini kita menggunakan praktikum yang bersifat konvensional, yang notabene membutuhkan bahan banyak dan menghasilkan limbah yang banyak pula. Saya kira ini inovatif sekali, apalagi untuk pembelajaran bagi siswa, mudah dan sederhana untuk dipraktekkan namun memiliki esensi yang sama,” tambahnya

Prof. Dr. Supawan menjelaskan empat poin penting dalam kuliah tamu tersebut yakni pengenalan Small Scale Chemistry, Dow Chemistry Class, BBL-CST Small Scale Chemistry in Asean, Development of Small Kit. “Menurut International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), Small Scale adalah Pengurangan penggunaan bahan kimia ke tingkat minimum dimana eksperimen dapat dilakukan secara efektif. Contohnya menggunakan peralatan-peralatan yang murah lalu dimodifikasi sesuai eksperimaen sederhana yang dilakukan, seperti untuk titrasi, pelartan Ammonia, elektrolisis CuSO4 dan pH indikator sederhana” ujarnya.

Small Scale Chemistry ini memang cocok untuk dipraktekkan dalam pembelajaran Kimia di sekolah-sekolah. Hal ini akan sangat bermanfaat karena UM menghasilkan guru bagi pelajar-pelajar SLTP maupun SLTA di Indonesia, sehingga mereka nantinya akan bisa mempraktekkan teknik ini kepada siswanya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM