image_pdf

Purna sudah tugas 10 mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan yang dilaksanakan di Kalimantan Barat. Hal tersebut ditandai dengan adanya Evaluasi KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 yang dilaksanakan secara luring di Lobi Graha Rektorat Lantai 1 UM pada Senin (21/08). Evaluasi tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag., Ketua LPPM UM Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si., Sekretaris LPPM UM Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., Kepala Pusat Sumber Daya Wilayah Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M., CFP., serta DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) KKN Kebangsaan UM Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. 

Sepuluh mahasiswa yang menjadi pelaku kegiatan KKN Kebangsaan UM juga turut hadir usai perjalanan panjang dari Kalimantan Barat. Berdasarkan pengakuan Sekretaris LPPM UM Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., peserta menjalankan misi mulia ini dengan baik.

“Saya melihat adik-adik sangat senang karena mendapat tantangan baru dengan hidup berdampingan bersama masyarakat yang memiliki latar belakang budaya dan ras yang berbeda. Hal tersebut akan membuka wawasan kebangsaan untuk kaum jiwa-jiwa muda,”. tutur Dr. Hary.

“KKN Kebangsaan ini sudah yang ke-11. Pesertanya dari 56 perguruan tinggi se-Indonesia. Salah satu kegiatan adalah para pimpinan perguruan tinggi melakukan MoU dengan Universitas Malaysia Serawa. Mekanismenya sama dengan KKN Reguler, namun karena KKN Kebangsaan ini jauh jadi yang diutamakan juga termasuk kondisi fisik dan terjaringlah 10 mahasiswa yang ikut serta. Rangkaian ini semuanya gratis,” sambung Sekretaris LPPM tersebut.

Kondisi di sana terdapat 10-12 kabupaten yang tersebar di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Antara Pontianak dan Serawan terdapat perbatasan dan di situlah disebar pos KKN Kebangsaan. 

“Jadi betul-betul dihadiri oleh warga Indonesia sekaligus beradaptasi dengan warga negara lain. KKN ini pesertanya juga ada yang dari UNIMAS (Universiti Malaysia Sarawak),” ucap Dr. Hary.. 

Terkahir, Dr. Hary berpesan kepada mahasiswa agar semangat dalam mendaftar untuk KKN Kebangsaan.

“Kegiatan ini semoga berkelanjutan dan peseta lebih banyak dari UM agar wawasan kebangsaan mahasiswa lebih menonjol,” pungkasnya.

Pewarta: Nahdiatul Affandiah -Internship Humas UM  
Editor : Luthfi Maulida Rochmah