image_pdf

Dalam rangka Studi Referensi Rancang Bangun Repositori Institusi Bagian Kearsipan, Perpustakaan, dan Penerbitan Biro Sistem Informasi dan Dokumentasi Setretariat Jendral DPD RI kunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan diselenggarakan pada Kamis (28/07/2022) di Ruang Multiplatform lantai 3 UPT Perpustakaan UM dan secara resmi dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Kepala Bagian Kearsipan, Perpustakaan, dan Penerbitan Biro Sistem Informasi dan Dokumentasi Sekjen DPD RI, Ibu Nurjanah menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim adalah untuk mempelajari koleksi muatan lokal atau biasa disebut respositori dari perpustakaan UM. Beliau menjelaskan bahwa kunjungan ini sengaja dilakukan untuk mengetahui proses berdirinya respositori di UPT Perpustakaan UM serta kendala-kendala yang didapat. “Perpustakaan yang ada di DPD itu perpustakaan khusus dan belum ada respositori serta baru akan dibuat rancang bangunnya, sehingga perlu belajar banyak dari UM,” ujar beliau.

UPT Perpustakaan UM dipilih untuk menjadi acuan awal oleh tim dari DPD RI karena pembuatan sistem otomasi perpustakaan UM dimulai pada tahun 2009 dan terus berkembang hingga saat ini. Selain itu sistem respositori di UPT Perpustakaan UM sendiri menduduki posisi lima kontributor tertinggi menurut Rama Respository dan Indonesia One Search. Sistem respositori di UM sendiri mencakup skripsi, tesis, dan disertasi dari sivitas akademika UM.

Kepala UPT Perpustakaan UM, Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., menambahkan bahwa saat ini sistem tersebut terus dikembangkan, salah satu rencana yang akan dilakukan di semester depan adalah mahasiswa S1 tidak perlu menyerahkan skripsi dalam bentuk cetak ke perpustakaan, cukup mengunggah secara digital di platform yang akan dibuka bagi seluruh sivitas akademika UM. Hal ini dinilai cukup efektif mengingat pencarian data hampir seluruhnya dilakukan secara digital serta dapat menghemat tempat di perpustakaan.

Dari pengalaman dan prestasi tersebut, Ibu Nurjannah berharap rekan-rekan dari tim yang berkunjung memiliki sedikit pandangan dalam merancang respositori di perpustakaan khusus DPD setelah mendapat pemaparan materi dari UPT Perpustakaan UM. Beliau berharap hasil belajar yang didapatkan dapat ditiru dan dikembangkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan khusus DPD RI.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak dan foto bersama. Tim dari UPT Perpustakaan UM kemudian mendampingi tim dari DPD RI untuk berkeliling sejenak di perpustakaan sebelum menutup rangkaian acara secara tidak resmi.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM