image_pdf

Malang. Tim Majlisul Munadzarah Arabiyah (Manabir) Jurusan Sastra Arab, Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengharumkan nama almamater dengan menjadi juara 2 lomba debat bahasa Arab di ajang nasional Arabic Language Festival (ALAFEST) yang diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) secara virtual melalu platform Zoom pada Selasa (09/03/2021).

Pelaksanaan lomba dimulai sejak tanggal 20 Februari dan berakhir pada tanggal 9 Maret 2021. Terdapat beberapa cabang lomba dalam kegiatan tersebut, dan perlombaan debat bahasa arab termasuk pada perlombaan kategori mahasiswa yang diikuti oleh 16 kelompok debater dari perwakilan kampus di seluruh Indonesia, bahkan ada peserta dari luar negeri, yakni kelompok debater delegasi dari Malaysia.

Menurut Arya Wahyu Pratama, salah satu anggota tim Manabir yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dan kelompoknya berhasil meraih juara dua, pelaksanaan lomba debat secara virtual ini berjalan lancar meski aura perlombaannya berkurang. “Aura debatnya kurang terasa karena dilaksanakan secara virtual, seharusnya debat secara langsung itu seru sekali, tapi karena situasi yang ada kita harus menyesuaikan dengan keadaan,” ujarnya.

“Satu lagi yang menjadi sedikit kendala dalam pelaksanaan lomba debat secara virtual seperti ini adalah sulitnya komunikasi antar anggota, karena dalam lomba debat itu sistem penilaiannya adalah kelompok, jadi argumen antar pembicara harus sama, jika tidak sama nilanya akan dikurangi. Tapi kami telah mensiasatinya dengan terus melakukan panggilan kelompok melalui WhatsApp agar apa yang disampaikan diantara kita selaras,” imbuh Arya.

 Diakhir wawancara, Arya juga menyampaikan harapannya untuk para mahasiswa jurusan sastra Arab untuk terus meningkatkat semangat berkompetisi meski ditengah pandemi. “Harapan saya Jurusan Sastra Arab (JSA) UM, terutama melalui tim Manabir yang menaungi bidang kebahasaaraban mahasiswa di JSA UM itu bisa mengikuti seluruh event lomba yang ada dan bisa menjuarainya hingga di tingkat Asean pada event UADC,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM (Mahasiswa Satra Arab UM)