image_pdf

Ragam kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dipamerkan secara mewah dan meriah kepada mahasiswa baru UM pada acara UKM Day. Gedung Graha Cakrawala riuh oleh berbagai penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM yang diprakarsai oleh Forum Komunikasi UKM UM dengan menampilkan persembahan spesial dari 32 UKM. Pentas akbar tersebut digelar pada Rabu (23/08) dan disaksikan oleh ribuan penonton yang sebagian besar berasal dari mahasiswa baru sebagai sasaran kegiatan demo UKM. 

Sempat terhenti karena pandemi, UKM Day kembali digelar dengan meriah. Tidak ada tema tersendiri untuk UKM Day tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut memberi ruang kepada UKM untuk berekspresi dan sebebasnya menyajikan penampilan paling merepresentatifkan UKM masing-masing. 

Ketua UKM Day, Muhammad Rofiq dari UKM KSR PMI menuturkan tujuan kegiatan ini untuk memberi gambaran kepada mahasiswa baru tentang UKM yang ada di UM, sekaligus mempromosikan UKM secara bersamaan. 

“UKM Day ini sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun. Ada penampilan dari tiap-tiap UKM untuk memberikan gambaran sedikit tentang apa saja kegiatan yang ada di UKM. Di area central park juga tersedia bazar setiap UKM untuk sarana mahasiswa baru apabila ingin bertanya lebih lanjut,” tutur Rofiq. 

Mulai dari tari daerah, tari modern, dance kontemporer, kesenian, teater, marching band, hingga silat semuanya disajikan dalam sehari. Tak kalah seru, maskot UM “Cakra” juga ikut memeriahkan acara dengan tampil bersama UKM Samin. Antusiasme mahasiswa baru juga memiliki andil besar dalam meriahnya acara ini. Warna-warni keberagaman UKM menjadi bukti keseruan hidup sebagai mahasiswa dan dukungan penuh UM dalam memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan diri. 

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM 

Editor: Luthfi Maulida Rochmah