image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) terus bersinergi terhadap penyandang disabilitas, hal ini dibuktikan dari kepedulian mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Peduli Inklusi dan Disabilitas (GEMPITA). UKM Gempita ini hadir dalam membantu mahasiswa penyandang disabilitas. Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023, UKM Gempita UM unjuk diri dalam menunjukkan bakat maupun kemampuan yang luar biasa dari teman teman penyandang disabilitas dalam bentuk pameran yang diadakan pada Jum’at (24/11) di Halaman Belakang Graha Rektorat.

Acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari UKM Gempita UM dalam memberikan kontribusi penuh terhadap penyandang disabilitas. Ketua pelaksana, Siti Irma Nur Astusi, dalam wawancaranya menjelaskan makna dari acara tersebut, “Kegiatan ini digagas untuk mendukung kemampuan disabilitas dari berbagai segi, mulai dari segi akademik maupun bakat minat,” ujar Irma.

Cap Tangan menandakan UKM Gempita UM siap wujudkan kampus UM yang inklusif dan ramah bagi penyandang disabilitas

Dalam acara ini terdapat pameran hasil karya dari teman teman disabilitas, terdapat stand SALARAS (Stand Lahirnya Karya Siswa) merupakan stand hasil pameran karya berupa batik, tas, bantal hias dan lukisan dari siswa siswi dari SLB Pembina Lawang dan SLB Yayasan Putra Pancasila, ASMARA (Aku Semangat Menceritakan Asa Rasa) dimana di stand tersebut dapat mencurahkan cerita keluh kesah maupun curhatan dalam bentuk tulisan yang ditempelkan di papan yang tersedia, SIBRA (Stand Bahasa Isyarat dan Braille) merupakan stand yang berkolaborasi dengan UKM Gempita dengan mensosialisasikan pembelajaran lebih lanjut terkait bahasa isyarat dan braille, stand MELAPI (Melukis dengan Apresiasi, Percaya Diri, dan Inspirasi) yakni dikhususkan kepada siswa siswi SLB Lawang serta SLB Yayasan Putra Pancasila untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatif mereka dalam bentuk lukisan pada tote bag sebagai wujud kebersamaan dan kebahagiaan.

Acara dibuka dengan beberapa penampilan dari disabilitas, mulai dari menari dengan penyandang tunarungu dan menyanyi dengan penyandang tunanetra.

Irma juga memberikan harapan dari kegiatan ini khususnya bagi mahasiswa UM, “dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat memberikan suatu gambaran bagi semua mahasiswa UM dalam berkontribusi penuh terhadap teman disabilitas sekitar”, ujar Irma

Pada UKM Gempita ini juga terdapat program pendampingan terhadap mahasiswa disabilitas dalam melakukan perkuliahan, sehingga bagi penyandang disabilitas tidak perlu khawatir dalam mengikuti pembelajaran di UM. 

Pewarta: Soni Subhan Muttaqin – Internship HUMAS UM 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM