image_pdf
Wakil Rektor I UM Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. bersama Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik

Malang. Audiensi antara Universitas Negeri Malang (UM) dengan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dilaksanakan Rabu (7/8). Kegiatan tersebut membahas mengenai sinergitas Perguruan Tinggi dalam mendukung program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor Lantai 8 di hadiri langsung oleh Deputi Lalitbang BKKBN Pusat, Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik.

Dalam audiensi kali ini, Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik menjelaskan mengenai tugas BKKBN.

“Tugas BKKBN itu mulai dari calon penduduk atau janin, yang dikandung, hingga lahir dari bayi tiga tahun (batita), bayi lima tahun (balita), dan tumbuh kembang dari Sekolah Dasar (SD) menjadi remaja, pasangan usia subur dan menjadi orang tua hingga menjadi lansia yang tangguh. Dan ini merupakan tugas pokok dan fungsi dari BKKBN dan menjadi program BKKBN mulai dari janin hingga menjadi lansia tangguh”.

Lebih lanjut, Pak Damanik menjelaskan bahwa dibawah Litbang BKKBN tersebut ada Bina Keluarga Balita (BKB), melalui tenaga di lapangan untuk mengedukasi ibu dan ayah untuk mempersiapkan dirinya dan kandungannya, yang kedua pilarnya adalah Bina Keluarga Remaja (BKR), remaja yang produktif dan positif dan BKR ini tantangannya sangat besar sekali masalah keluarga tentang pernikahan dini dan narkoba, agar remaja ini bisa menjadi lolos dan memasuki orang tua yang hebat.  Yang ketiga yaitu Bina Keluarga Lansia (BKL), mempersiapkan pasangan orang tua hebat dan tidak menjadi lansia yang sakit-sakitan alias menjadi lansia yang tangguh.

Selain itu, kegiatan audiensi ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I yaitu Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si yang menjelaskan bahwa UM sudah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan bekerja sama dengan BKKBN Pusat dan sudah berjalan, kemudian UM sudah menerima laporan bahwa pembiayaan skripsi yang topiknya tentang BKKBN dan outputnya menjadi artikel. Dari UM juga menggali apa saja program BKKBN yang bisa ditindak lanjuti lalu dijadikan prioritas untuk dikerjasamakan dengan UM.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM