image_pdf

Sebagai bentuk manifestasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Kuliah tamu bersama Maxy Guest Lecture dengan tema “AI For Digital Marketing in The Future. Kuliah tamu ini diselenggarakan pada 22 Maret 2024, bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial yang menghadirkan pembicara dan pemateri Sydney Rosalind, Marketing Manager MAXY Academy. 

Menjadi penghubung relasi, penyerahan lembar kerja sama secara simbolik diberikan secara langsung oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UM Ananda Dwitha Yuniar, S.I.Kom, M.A.  didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial UM, Dr. Ari Sapto, M.Hum. dan diterima langsung oleh manager marketing MAXY Academy Sydney Rosalind. Melalui momen ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang positif antara universitas dan MAXY Academy, yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak serta membawa dampak positif bagi mahasiswa dan dunia kerja.


Konsep Work Life Balance menjadi harapan Gen Z dalam dunia industri dijelaskan. Work life balance yang menjadi harapan Gen Z dalam dunia industri memang menjadi salah satu fokus utama perusahaan-perusahaan saat ini. Gen Z dikenal sebagai generasi yang sangat peduli dengan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Mereka cenderung mencari pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk memiliki fleksibilitas waktu dan ruang untuk mengejar minat serta aktivitas di luar pekerjaan. Sehingga Kehadiran AI dalam dunia industri khususnya di bidang marketing, memiliki kegunaan yang signifikan dalam peningkatan efektivitas dan  produktivitas dalam bekerja. 

Komunikasi krusial dalam digital marketing, menghantarkan pesan efektif ke audiens. Perlunya kepekaan terhadap kebutuhan pelanggan melalui riset perilaku konsumen. Keterbukaan dalam memahami pasar dan tren kunci dalam strategi digital. Kecerdasan Buatan (AI) memberi nilai tambah, analisis mendalam data real-time, mempersonalisasi pesan dan strategi. Dengan AI, digital marketer efisien mengoptimalkan kampanye, menyesuaikan pesan, dan responsif terhadap perubahan pasar, memastikan kesuksesan bisnis.


“Tuntutan sekarang kreatif tidak cukup, Seorang digital marketer juga harus mengkolaborasikan otak kiri. Seperti hal logical and critical thinking, dan kognitif digunakan dalam menghadapi pekerjaan digital marketing”. Ungkap Sydney Rosalind dalam menyampaikan tips digital marketing


Dalam dua tahun sebagai mahasiswa, persiapan yang dilakukan merupakan pondasi penting untuk terjun ke dunia industri. Mulai dari pembelajaran teori hingga pengalaman praktis, setiap langkah memainkan peran kunci dalam mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan. Dengan semangat belajar dan tekad yang kuat, mahasiswa siap untuk menghadapi dunia kerja dengan inovasi dan aspirasi untuk meraih kesuksesan.

Pewarta : Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM