image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menjalin MoU dengan Attarkiah Islamic Institute Thailand dalam bidang pengembangan SDM. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan SDM lulusan UM untuk berkarir, berkarya, serta bersaing di kancah internasional. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (21/10) dilaksanakan secara daring melalui laman zoom meeting dan luring terbatas di Ruang Sidang Senat,  Graha Rektorat lantai 9 UM. 

Fokus kerjasama yang ditawarkan dalam kerjasama ini adalah kesempatan bagi mahasiswa UM untuk bisa melakukan kegiatan praktek mengajar di Thailand dengan menjadikan Attarkiah Islamic Institute sebagai sister school .Dosen pun diharapkan mampu diberi ruang untuk melaksanakan penelitian pendidikan dan sharing ilmu kepada Attarkiah Islamic Institute agar menambah pengetahuan yang lebih luas terkait karakteristik pendidikan di masing – masing wilayah. 

“Dari sisi kurikulum, kemitraan ini merupakan kesempatan untuk melihat apakah kurikulum kita (UM) sudah sesuai dengan standar untuk mengajar di luar Indonesia. Sehingga kita bisa menyiapkan perbekalan praktik pembelajaran yang lebih baik ketimbang sebelumnya. Kerja sama ini sangat penting untuk mengeksplorasi lebih lanjut kemampuan SDM kita. Maka kita harus bisa memaksimalkan kerjasama untuk saling belajar dan mengembangkan potensi anak didik kita. Kami ingin memperluas kolabrasi bukan sekedar untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di Thailand, tapi juga para dosen untuk sharing dan melakukan pnelitian pendidikan di Atarkiah.” Ujar Rektor UM 

MoU ini ditandatangi oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin selaku Rektor UM dan Mr. Phaisan Toryib selaku Manager dari Attarkiah Islamic Institute. Penandatanganan disaksikan oleh beberapa tamu undangan seperti Fachri Sulaiman selaku Konsul RI di Songkhla Thailand , Wakil Rektor IV UM, Fakultas Sastra, Dekan Fakultas MIPA, Direktur HI, Ketua LP3, Ketua LP2M, Seluruh Kepala Sekolah Laboratorium UM. Kedepannya UM akan terus mempersiapkan secara matang persiapan pengalaman bagi mahasiswa dan dosen untuk berkarya bersama Attarkiah Islamic Institute.

Pewarta : Rifdah Ananda – Internship Humas UM