image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) mengirimkan 18 delegasinya dalam Pertemuan Ilmiah dan Kejuaraan LPTK Cup IX tahun 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang pada Jumat-Minggu (1-3/11). Kegiatan ini diikuti oleh 16 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia dan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Terdapat tiga macam kegiatan diantaranya adalah forum pertemuan rektor LPTK, pertandingan keolahragaan, dan seminar ilmiah. Tiga cabang olahraga yang dipertandingkan adalah Tenis lapangan, bulutangkis, dan Eksibisi Petanque.

LPTK cup menurut sejarahnya, jelas Wakil Rektor III UM, adalah forum komunikasi rektor IKIP negeri se-Indonesia. Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapi oleh IKIP dalam menjalankan tugasnya. Seiring berjalannya waktu, muncullah ide-ide dalam perkembangan pertemuan ini dan disempurnakan dengan event-event pertandingan olahrga serta seminar nasional.

“Forum komunikasi rektor mantan IKIP yang sekarang disebut LPTK ini sangat penting untuk diselenggarakan karena merupakan usaha kita bersama dalam pengoptimalan fungsi LPTK dalam mencetak tenaga pendidikan yang profesional. UM selalu mengikuti sejak awal, bahkan memerlukan proses yang matang dalam persiapan atlet-atlet yang bertanding di kompetisi olahraganya,” ujar Dr. Mu’arifin, M.Pd. selaku Wakil Rektor III UM.

Atlet UM berhasil menyabet tiga medali sekaligus dari dua cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya adalah medali perak dan perunggu di cabor tenis lapangan dan medali perunggu di cabor bulutangkis. Peraih medali perak dalam cabor tenis lapangan berasal dari eksekutif A yaitu Dr. Mu’arifin, M.Pd., dan Prof. Dr. Wahjoedi, M.E. Selanjutnya peraih medali perunggu dalam cabang yang sama berasal dari eksekutif B yaitu Dr. Sapto Adi, M.Kes., dan Dr. Supriyadi, M.Kes. Kemudian, peraih medali perunggu dalam cabor bulutangkis adalah Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., dan Dr. Asep Sunandar, S.Pd., M.Ap.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM