image_pdf

Malang. Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) menjadi salah satu program paling dinanti-nantikan oleh mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang (UM). Program ini merupakan ajang kompetisi antar kampus se-Indonesia. Pada tahun ini PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK) merupakan jenis PKM baru. Maka dari itu UM mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada mahasiswa pada Kamis (3/1) yang pelaksanaannya ada dua gelombang yaitu pukul 09.00-12.00 WIB yang diikuti oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Psikologi (FPPsi), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan pukul 13.00-16.00 WIB yang diikuti oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Sastra (FS), dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Acara tersebut berlangsung di gedung Sasana Krida UM dengan jumlah peserta mencapai 300-an.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd. pukul 09.00 WIB yang menyampaikan tentang pengertian mengenai pentingnya PKM bagi semua mahasiswa UM. Turut hadir sebagai pemateri Drs. Solichin, S.T., M.Kes. dari FT, Sopingi, S. Sos, M.Pd dari FIP, dan Dr. Pujiyanto, M.Sn. dari FS. Pemateri tersebut menjelaskan mengenai pentingnya kreatifitas dalam PKM Artikel Ilmiah (AI), Gagasan Tertulis (GT) dan Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).

Dr. Pujiyanto, M.Sn. salah satu dosen Seni Desain dan juga Tim Penalaran UM memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalar, memikirkan tatakelola yang futuristik, namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.

“Tahun ini ada sesuatu yang baru di PKM 2019, yaitu Gagasan Futuristik Konstruktif yang mengedepankan imajinasi dari mahasiswa yang kreatif untuk tercapainya SDGs di Indonesia. PKM ini bisa berbentuk video dokumenter, infografik bahkan juga animasi. Oleh karena tahun ini menjadi tahun pertama, maka peluang untuk lolos sampai PIMNAS akan terbuka lebar pada jenis PKM GFK ini. Harapannya banyak mahasiswa UM yang berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik selama menjadi mahasiswa kepada almamaternya,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan tanya jawab seputar PKM AI, GT dan GFK yang menurut peserta sosialisasi itu kurang jelas. Mulai dari sistematika, problem sampai luaran yang ingin dicapai nantinya yang tidak luput dari kritisme para peserta sosialisasi yang rata-rata mahasiswa baru tersebut.

Pewarta : Nuri Riskian – Internship Humas UM