image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dari KidZania Surabaya guna membicarakan Penjajakan Kerjasama antara keduanya. Kegiatan diskusi tersebut bertempat di Aula Lantai 1 Graha Rektorat UM pada Kamis (18/01). Pertemuan ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Direktur Perencanaan Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama (PDIPHK), beberapa dosen yang merupakan delegasi dari Fakultas Ilmu Pendidikan, serta tiga perwakilan dari KidZania Surabaya.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaporan dari Dosen Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) yang diwakili oleh Dr. Pramono, S.Pd, M.Or., dengan pembahasan utama mengenai adanya mahasiswa PG PAUD yang direncanakan akan melaksanakan magang di Kidzania Surabaya.

Selanjutnya perwakilan dari KidZania Surabaya, George Ngantung yang merupakan Direktur Keuangan dan HCM memaparkan tentang konsep yang ada di Kidzania. Sebelumnya, perwakilan dari KidZania mengungkapkan bahwa UM memiliki kesamaan dengan Kidzania yang sama-sama bergerak dalam bidang pendidikan.

“KidZania sendiri adalah kota interaktif dan unik dengan ukuran anak-anak untuk anak usia 2-16 tahun yang menggabungkan antara bermain dan belajar melalui ‘role-play’ berbagai macam profesi yang ada dalam kehidupan nyata,” ungkap George Ngantung. Perwakilan dari KidZania juga memaparkan kegiatan-kegiatan yang menunjang anak-anak melalui video-video yang ditayangkan. KidZania menawarkan kerjasama untuk konsep University kepada UM. Tidak hanya itu, KidZania juga menawarkan outbound untuk mahasiswa.

Direktur PDIPHK, Dr. Yuni Rachmawati, S.T, M.T., menambahkan bahwa di UM terdiri dari berbagai fakultas mulai dari FIP UM yang merupakan fakultas tertua sampai Fakultas Kedokteran (FK) yang paling baru.

“Semoga Kidzania kedepan dapat berkolaborasi tidak hanya dengan FIP PG PAUD saja, namun bisa dengan fakultas lain yang ada di Universitas Negeri Malang,” tutur Dr. Yuni Rachmawati, S.T, M.T.

Tidak hanya itu, kerjasama yang dilakukan secara khidmat ini juga membahas tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Direktur PDIPHK mengungkapkan bahwa adanya mahasiswa PG PAUD yang telah magang di KidZania dapat dimasukan dalam penilaian IKU. Sehingga kerjasama ini membuka peluang yang baik bagi kedua belah pihak.

Pewarta: Rimala Maulina

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM