image_pdf
Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., sedang Memberikan Sambutan
pada Workshop Penulisan Proposal Tesis

Malang- Universitas Negeri Malang (UM) gelar workshop penulisan proposal tesis mahasiswa program beasiswa strata 2 bagi guru dan calon pengawas madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa program beasiswa strata 2 bagi guru dan calon pengawas madrasah untuk merampungkan proposal tesis serta lulus tepat waktu. Kegiatan yang diadakan di Aula Lt.9 Gedung Graha Rektorat UM ini dibuka oleh Wakil Rektor IV UM, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat ini merupakan bentuk kerjasama antara Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dengan UM (18/2). Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh WR IV dan mahasiswa beasiswa S2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris, melainkan Wakil Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr. Sisworo, S.Pd., M.Si., serta Koorprodi S2 Pendidikan Matematika Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., juga turut hadir pada kegiatam tersebut.

Mahasiswa Penerima Beasiswa S2 Sekaligus Peserta Workshop Penulisan Proposal Tesis

Prof. Ibrahim menjelaskan bahwa Kementerian Agama Republik Indonesia tengah menjalankan sebuah terobosan baru, yaitu program beasiswa yang diperuntukkan bagi guru dan calon pengawas madrasah. Hal ini menjadikan UM terpilih menjadi salah satu mitra kerjasama Kemenag RI dalam merealisasikan program beasiswa tersebut. Tidak hanya itu saja, UM menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umum yang menjadi mitra Kemenang disamping PTN agama.

“Awalnya saya juga khawatir, dikarenakan waktu diskusi di Jakarta di Kemenag itu semuanya Wakil Rektor dan Direktur Pasca UIN, hanya UM yang berasal dari PTN umum. Insyaallah, terobosan ini tidak salah, dikarenakan UM merupakan gudangnya ilmu pendidikan. Kita juga mempunyai satu branding yang sudah didaulat oleh Kementerian kepada kami bahwa UM adalah pusat inovasi pembelajaran” Jelas Prof. Ibrahim.

Wakil Rektor IV dan Tim Narasumber di Workshop Penulisan Proposal Tesis

Selain itu, terobosan Kemenang berikutnya adalah mengadakan workshop penulisan proposal tesis bagi penerima beasiswa ini guna menunjang percepatan penulisan proposal dan lulus tepat waktu. Hal ini, dilakukan dikarenakan untuk mendamping mahasiswa penerima beasiswa dan fokus menyelsaikan studinya terlebih dahulu sebelum sibuk dengan hal-hal lainnya, ungkap WR IV UM itu.

Pewarta            : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM