Pascasarjana UM merupakan pelaksana akademik yang menyelenggarakan pendidikan program magister dan doktor khususnya pendidikan dasar, dan PPG.

Jurusan dan Program Studi

Program studi jenjang Magister interdisiplin di UM sebagai berikut.

  1. Program Studi S2 Pendidikan Dasar
  2. Program Studi S3 Pendidikan Dasar
    • Konsentrasi Program Studi Pendidikan Dasar (PDs)
      1. Konsentrasi IPA
      2. Kosentrasi IPS
      3. Konsentrasi Bahasa Indonesia
      4. Konsentrasi Matematika
      5. Kosentrasi PKn
      6. Konsentrasi Guru Kelas
      7. Konsentrasi Guru PAUD
      8. Konsentrasi Pendidikan Luar Biasa

Program Unggulan

  • Program sertifikasi tes bagi konselor pendidikan
  • Program Sandwich ke perguruan tinggi luar negeri untuk mahasiswa program kerjasama, antara lain: 1) S2 Pendidikan Bahasa Inggris ke Angeles University Foundation, Philipina; 2) S2 Pendidikan Biologi ke Nan Jing University of Agriculture, China; 3) S2 Pendidikan Kimia ke Nan Jing University of Agriculture, China; 4) S2 Pendidikan Matematika ke Yangzou University P.R,. China; 5) S2 Pendidikan Ekonomi ke Suan Dusit Rajabath University, Thailand; 6) S2 Pendidikan Dasar ke Angeles University Foundation, Philipina;
  • Program Sandwich Mahasiswa S3: 1) S3 Pendidikan Bahasa Inggris ke Ohio State University, USA; 2) S3 Psikologi Pendidikan ke University of Illinois At Urbana Champaign,USA; 3) S3 Pendidikan Matematika ke Seoul National University, Korea; 4) S3 Pendidikan Bahasa Inggris ke National Institute of Education (NIE), Singapura; 5) S3 TeknologiPembelajaran ke Saga University, Jepang; 6) S3 Pendidikan Biologi ke The University of Queensland, Australia;
  • Kerjasama: 1) Kementerian Pertanian Jakarta, tahun 2013 (2 Orang Mahasiswa); 2) Universitas Nusa Cendana, tahun 2013 (12 Mahasiswa); 3) Politeknik Keselamatan TransportasiJalan (POLTRANS) Tegal, tahun 2013 (10 Orang Mahasiswa); 4) P2TK Dikdas Kemdikbud, tahun 2013 dan 2014 (312 Orang mahasiswa); 5) Direktorat Pendidikan Tinggi, tahun 2013dan 2014 (397 Orang Mahasiswa); 6) Kemitraan Negara Berkembang, tahun 2014 (6 Orang Mahasiswa); 7) Dinas Pendidikan Pemprov Jatim, tahun 2015 (dalam proses penjaringan)

Fasilitas Unggulan

  • Sistem Informasi M-KIOS: Salah satu media informasi berbasis computer bersifat interaktif yang ditempatkan di area publik sehingga dapat diakses oleh mahasiswa secara leluasa danmenyediakan layanan yang mengedepankan self-service access yang meliputi: Layanan Sistem informasi Akademik, KHS, KRS, dan Jadwal Kuliah berbasis online serta Kalender Akademik. Dengan Sistem ini mahasiswa juga mendapatkan banyak informasi seperti Informasi Kegiatan, Galeri Kegiatan, Kontak Dosen, dan Struktur Organisasi yang ada di Pascasarjana.
  • LCD Projector di setiap ruang kelas: Dalam proses belajar mengajar penggunaan media yang tepat sangat berpengaruh besar dalam pencapaian hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Penggunaan LCD Projector saat ini merupakan hal yang sudah biasa, mengingat tuntutan pendidikan yang harus lebihcanggih dari waktu ke waktu. Tidak hanya penggunaan papan tulis dan kapur, serta penyajian materi yang monoton. Dengan pemasangan LCD Projector di setiap ruang kelas,waktu yang digunakan untuk mengajar tidak terbuang sia-sia hanya untuk menulis di papan tulis, dan membuat catatan. Selain itu kualitas visual akan lebih nyaman denganmateri yang dapat terlihat dengan jelas dibanding dengan menulis di papan tulis. Hal ini yang dapat membuat waktu belajar menjadi efektif, dan suasana belajar mejadi efisien.
  • Ruang Pertemuan yang memadai: Pascasarjana UM memiliki 2 ruang pertemuan yang berada di Gedung H1 dan H3. Ruang pertemuan yang berada di Gedung H1 Lt. 2 mampu menampung kurang lebih 100 orang, sedangkan yang berada di Gedung H3 Lt. 2 dapat dipergunakan untuk 400 orang. Ruang tersebut dipergunakan untuk berbagai kegiatan baikinternal maupun eksternal sivitas akademika Pascasarjana, antara lain seminar, training, visitasi program studi, pelaksanaan yudisium, dan lain sebagainya. Ruang ini dilengkapidengan fasilitas-fasilitas yang sangat memadai seperti LCD Projector, Sound System, dan Air Conditioner (AC).
  • Ruang Ujian yang representatif: Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar serta evaluasi pembelajaran, Pascasarjana UM memiliki ruang ujian yang nyaman dan dilengkapidengan fasilitas pendukung seperti LCD projector yang dapat dioperasikan menggunakan wireless (nirkabel). Dengan tata ruang yang baik, dan pencahayaan serta fasilitas audioyang memadai, ruang ujian di Pascasarjana UM sangat representatif untuk dipergunakan ujian kelayakan, tesis, dan disertasi bagi mahasiswa Program Magister dan Program Doktor.
  • Laboratorium Pendidikan: Laboratorium pendidikan di Pascasarjana UM yang berada di Gedung H2 Ruang 105 merupakan salah satu sarana pendukung penting, yang bersifatsangat strategis dalam kegiatan pelaksanaan sistem pendidikan, dirancang dengan “one way screen” yang dapat digunakan oleh semua program studi yang ada di Pascasarjana UM, untuk micro counseling, micro teaching, supervisi clinis, dan simulasi, khususnya pada sistem pendidikan di perguruan tinggi.
  • Laboratorium Bahasa: Pentingnya fungsi Laboratorium Bahasa dalam program pembinaan dan pengajaran guna peningkatan kemampuan bahasa asing bagi sivitas akademika.Laboratorium bahasa juga mempunyai peranan penting lain, yaitu sebagai pusat penelitian bahasa bagi mahasiswa. Untuk menunjang proses praktikum/pembelajaran, Laboratorium Bahasa menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pengajaran. Laboratorium yang berada di Gedung H2 ruang 106 Pascasarjana UM yang bisa dipergunakanmahasiswa Pascasarjana UM ini berkapasitas 24 mahasiswa. Kondisi semua laboratorium bahasa ini 99% dalam keadaan baik dan dioperasikan sepenuhnya secara elektronis.
  • Gazebo Pascasarjana: Salah satu fasilitas yang tersedia di Pascasarjana UM yang menjadi salah satu tempat berdiskusi dalam kegiatan akademik. Fasilitas ini menjadi salah satu tempatfavorit bagi mahasiswa Pascasarjana untuk berkumpul, mengobrol bersama, diskusi atau hanya sekedar beristirahat melepas lelah. Di sekitar gedung Pasca UM, terdapat 2 gazebo dengan ukuran besar, 2 unit gazebo yang dibangun di sekitar taman gedung Pascasarjana Universitas Negeri Malang merupakan salah satu upaya pihak Universitas yang diperuntukkan bagimahasiswa di lingkungan Pascasarjana. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik sesuai dengan fungsinya, guna menunjang kelancaran perkuliahan.
  • Lorong Belajar dan Wifi: Lorong belajar dan Wifi merupakan salah satu fasilitas informasi yang disediakan oleh Pascasarjana UM untuk dimanfaatkan oleh seluruh civitasakademika Pascasarjana UM. Diawali dengan coverage area yang dibuat di lokasi strategis, sering dimanfaatkan sebagai ruang berdiskusi bagi civitas akademika PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Harapannya dengan adanya fasilitas lorong belajar dan WiFi ini, mahasiswa telah terintegrasi dapat mempermudah mahasiswa mengakses internet hal-hal yang diperlukan untuk proses belajar mengajar dan pencarian informasi yang dibutuhkan.
  • Perpustakaan: Perpustakaan Pascasarjana UM merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan tugas-tugas yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan Pascasarjana UM dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Buku-buku, jurnal, dan benda lain yang ada didalam ruang perpustakaan ini adalah hasil dari sumbangan sukarela dari konsultan yang memiliki hubungan kerjasama di antaranya dari La Trobe University Australia berupa 1 (satu) set buku, dari Deakin University Australia, Ohio State University America Serikat berupa kaset video, dari The University of Houston Amerika Serikat, The University of IowaAmerika Serikat dan The University of London Inggris berupa buku, serta dari para dosen lulusan luar negeri berupa buku dan jurnal, juga dari mahasiswa berupa buku sebagaisumbangan wajib. Perpustakaan Pascasarjana UM bisa diakses secara umum dari laman utama aplikasi perpustakaan yaitu SIPADU untuk melihat judul-judul buku, skripsi, tesis, dan berbagai literatur yang tersedia untuk mendapat informasi tentang kode buku/artikel terkait.
Alamat Kontak
:Jalan Semarang 5 Malang 65145
Telepon:+62-341-551334
E-mail:direktur.pasca@um.ac.id
Website:http://pasca.um.ac.id