Sarana Umum

Sarana Umum

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu universitas besar dengan jumlah dosen 1.050 orang, jumlah pelaksana administrasi 1.043 orang, dan jumlah mahasiswa 28.671 orang mahasiswa (data statistik Mei 2020). Untuk menunjang aktivitas dari warga UM dalam menjalankan tugasnya sehari-hari di kampus, mutlak diperlukan adanya beberapa fasilitas umum. Tersedia­nya fasilitas umum ini tentunya diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas yang diberikan kepada sivitas akademika secara langsung ataupun tidak langsung. Beberapa sarana dan fasi­litas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UM antara lain asrama mahasiswa, kolam renang, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, ATM BNI BRI dan BTN, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), kantin, Kantor Pos, Ke­giatan Keluarga Maha­siswa Hindu Dharma, Kegiatan Warga (Katholik dan Protestan), Pengem­bangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah, Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, toko dan ko­perasi, hotspot, dan wisma tamu (Guest House).

Asrama Mahasiswa

Asrama Putri: Wisma Tulip

Untuk membantu mahasiswa mendapatkan tempat tinggal yang bisa menunjang kelancaran studinya, tersedia asrama mahasiswa di kampus I Jl. Veteran Kota Malang, asrama mahasiswa di Kampus II Jl. Ki Ageng Gribig Kota Malang, serta asrama mahasiswa di Kampus III Jl. Ir. Soekarno No. 1 Kota Blitar. Dengan kapasitas total 1481 mahasiswa. Asrama mahasiswa mulai dikelola tahun 2017 oleh Divisi Asrama, Pusat Bisnis. Tahun 2023 pengelolaan asrama pindah ke Seksi Pengelolaan Asrama, Direktorat Sarana, Prasarana dan Aset Universitas Negeri Malang.

Asrama Mahasiswa Kampus I terdiri dari 7 (tujuh) unit gedung, masing-masing:

  1. Asrama Edelweiss kapasitas 154 orang,
  2. Asrama Aster kapasitas 80 orang,
  3. Asrama Soka kapasitas 98 orang,
  4. Asrama Tulip kapasitas 273 orang,
  5. Asrama Lily kapasitas 132 orang.
  6. Asrama Dahlia kapasitas 436 orang.
  7. Asrama Melati kapasitas 24 orang

Asrama Mahasiswa Kampus II (Sawojajar) Asrama Matahari dengan kapasitas 100 orang, serta Asrama Mahasiswa Kampus III (Blitar) Asrama Mawar dengan kapasitas 184 orang. Fasilitas yang tersedia untuk mahasiswa yang tinggal di asrama adalah kamar tidur, mushala, ruang tamu, ruang makan, televisi, wi-fi, dan tempat parkir kendaraan.
Pembinaan terhadap warga asrama mahasiswa dikoordinir oleh tim pengelola asrama dibantu pembina dan pengurus asrama melalui kegiatan-kegiatan, antara lain olahraga, pembinaan agama, kuliah subuh, diskusi lintas fakultas, kesenian, kursus komputer, pelatihan penulisan karya ilmiah, jurnalistik, kerja bakti, dan pengabdian masyarakat.

Selain melayani hunian dalam waktu satu tahun (sebagai warga asrama), asrama mahasiswa juga melayani hunian sementara harian atau bulanan untuk mahasiswa UM atau luar UM, juga untuk masyarakat umum.

BNI Kantor Layanan UM

BNI cabang UM

BNI Kantor Layanan UM, yang dirintis sejak tahun 1986, merupakan hasil kerjasama antara UM dengan BNI Kantor Cabang Utama Malang. Pada awal berdirinya, bank ini masih berstatus Kantor Kas IKIP Malang dan lebih dikenal oleh mahasiswa sebagai bank untuk mem­bayar SPP. Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 1994 diresmikan sebagai Kantor Cabang Pembantu UM. Namun sejak tahun 2011 dirubah menjadi BNI Kantor Layanan (KLN) UM yang dapat melayani pembayaran SPP bagi mahasiswa UM dan Layanan Perbankan lainnya. Men­jelang tahun ajaran baru BNI Kantor Layanan UM, juga melayani pembayaran Formulir SPMB dan sudah berlangsung sejak tahun 1988. BNI menempati areal dalam kompleks Kampus UM yang beralamat di Jl. Surabaya No. 4 Malang. Tempat ini cukup strategis karena berdekatan dengan kantor-kantor Instansi Pemerintah dan Swasta, sehing­ga akses oleh pihak di luar UM sangat dimungkinkan. BNI Kantor Layanan UM terus mengembangkan layanan operasionalnya. beberapa produk yang dapat diperoleh di bank ini antara lain: (1) Produk Simpanan: Giro, Deposito, Taplus, Taplus Bisnis, Tabungan Pendidikan (Tapenas), BNI Haji, BNI Dollar, Taplus Pegawai (TAPPA),Taplus Muda, Tabungan Taplus Anak, Taplus Mahasiswa/ KTM, Deposit on Call (DOC), DPLK dan Derivatif lainnya. (2) Produk Investasi: BNI Life Multi Pro, BNI Life Cash Pro, Reksadana, ORI, SUKUK dll. (3) Jasa-jasa Perbankan: Kiriman uang Dalam Negeri, Inkaso, SKB, Cek Multi Guna, Pembayaran Pajak, Fidusia, Pembayaran Listrik, Pembayaran Telepon, Pembayaran SPP, dan biaya masuk perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui sarana H2H. (4) Transaksi Luar Negeri: Incoming Transfer, Outgoing Transfer, Travellers Check, Foreign Exchange, Ekspor-Impor, dll. (5) Layanan Electronic Chanel: SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking, dll.

Sejak tahun 1990, sesuai dengan kebijakan pemerintah, BNI Kantor Layanan UM juga melayani payroll rekening gaji di lingkungan UM dan instansi-instansi lain baik sekitar kampus maupun diluar kampus, serta penyaluran kredit kepada dosen dan karyawan, yang terdiri dari:

  • Kredit Konsumer:
    Kredit tanpa agunan (BNI Flexi), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Penelitian, Kredit Mahasiswa Berprestasi, dan Kredit Beasiswa S2 dan S3 untuk keperluan biaya pendidikan
  • Kredit Produktif:
    Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja (KMK), dan Kredit Investasi (KI)

BNI Kantor Layanan UM memberikan layanan kepada masyakat kampus dan masya­rakat umum dimulai jam 08.00-16.00 setiap hari dari hari Senin s.d Jumat.

BRI Kantor Kas UM

BRI Kantor Kas UM

BRI Kantor Kas UM, berdiri bulan Oktober tahun 2007, dan merupakan kerjasama antara UM dengan BRI Kanca Malang Martadinata. BRI Kantor Kas UM terletak di Jl. Surabaya No 4 Malang dan masuk dalam komplek kampus UM, tempat ini cukup strategis untuk akses diluar lingkungan UM karena banyak kantor instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah. BRI merupa­kan bank yang memiliki jaringan online di 6.000 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia (Kantor Cabng, KCP, KK, dan Teras).

Produk yang ditawarkan meliputi: (1) Britama Rp/Dolar, Britama Rencana, Britama Bisnis, dan Junio, Giro, Deposito, Tabungan Haji, Simpedes, Kartu Kredit BRI, DPLK BRI; (2) Jasa-jasa per­bankan meliputi: Pengiriman uang dalam dan luar negeri, Inkaso Travellers Check; (3) Layanan lain meliputi: Pembayaran telepon, listrik, dan air, pembayaran kartu kredit baik BRI, Standart Chartered Bank, Citibank, ANZ, HSBC, Pembayaran angsuran motor: FIF, BAF dan SOF, Pem­bayaran gaji untuk instansi dan perusahan melalui payroll gaji. Pembayaran SPP, SPSA, SPMB , mulai dari PAUD sampai dengan Universitas. Dan fasilitas lainya seperti: internet banking BRI, Mobile Banking BRI, Phone Banking BRI.

Dari tabungan baik itu Britama dan Simpedes setiap 6 bulan sekali dilakukan undian dengan hadiah rumah, mobil dll. BRI Kantor Kas UM memberikan pelayanan kepada masya­rakat kampus dan masyarakat umum setiap hari kerja (Senin s.d. Jum’at) mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Kantin

UM yang memiliki sejumlah kantor dengan jumlah warga yang besar, dan dengan waktu kerja/kuliah sampai sore/malam hari, tentunya sangat memerlukan unit kantin untuk keperlu­an penyediaan makanan. Di dalam kampus induk ada beberapa unit kantin yang berada di masing-masing fakultas, antara lain: FIP, FS, FMIPA, FE, FIK, FIS, dan BUK. Semua kantin ini me­nyediakan kebutuhan makan, minum, dan snacks (makanan kecil) bagi warga kampus, dan umum. Unit kantin dan kafetaria ini diharapkan dapat membantu warga kampus yang kuliah sampai sore atau bagi mereka yang tidak sempat menyiapkan makanan di rumah.

Kantor Pos Cabang UM

Keberadaan Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada Civitas Akademika Universitas Negeri Malang akan kebutuhan layanan komunikasi tertulis, kiriman uang dan barang.

Pada Januari 1980 berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Kantor Pos Besar Malang yang berkedudukan di Jl. Merdeka Selatan No. 5 Malang 65119 dengan IKIP Malang yang ber­kedudukan di Jl. Surabaya No. 6 Malang 65145, saat itu dibuka layanan jasa pos dengan nama Kantor Pos Tambahan Malang IKIP dan berada di lingkungan IKIP Malang, dengan menempati ruangan ukuran 3 x 3 meter yang terletak diantara gedung kegiatan mahasiswa dan kantin. Dalam perkembangan selanjutnya agar dapat memberikan pelayanan jasa pos yang lebih baik lagi, tidak terbatas kepada warga kampus, namun warga sekitar kampus, instansi peme­rintah dan swasta disekitar kampus, maka pada tahun 1991 dibangun sebuah gedung di atas lahan milik IKIP Malang seluas 200 m² terletak di Jl. Gombong no. 306 Malang 65145. Dan sekarang diberi nama Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang 65114 yang terletak di Jl. Semarang No. 5 Gedung A 10 Universitas Negeri Malang.

Beberapa bentuk layanan jasa yang dapat dilayani di Kantor Cabang Universitas Negeri Malang antara lain: Penjualan Benda Pos dan Meterai, Pengiriman surat,  pengiriman barang (Paket Pos), Pengiriman dan pembayaran uang (Weselpos), Western Union, Tabungan e Batara Pos dan Shar-e, pembayaran: PDAM, Telkomsel, FIF, ADIRA, OTO, Wom, BAF, Kartu Kredit, Pajak, Rekening Telpon dll. Pelayanan diberikan selama 6 (enam) hari kerja (Senin-Sabtu) dengan jam buka loket:

Senin-Jum’atjam 08.00 s.d. 16.00 WIB
Sabtujam 08.00 s.d. 12.00 WIB
Minggu/Hari Besartutup

Masjid Al-Hikmah

Masjid Al-hikmah

Komplek Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM, dirintis mulai tahun 1960-an, dan resmi berdiri pada tahun 1981 sehingga dapat dipergunakan secara me­madai. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2, terdiri atas bangun­an induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum termasuk lantai 2), dan perpustakaan 300 m2. Saat ini pengelolaannya langsung dibawah Rektor UM.

Masjid ini memiliki berbagai kegiatan, baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insidental. Kegiatan ini antara lain meliput: Pengajian untuk karyawan yang dilakukan oleh seksi pengajian KORPRI diadakan dua minggu sekali setiap hari kamis malam. Pengajian untuk ibu-ibu yang dikoordinasikan oleh seksi pengajian Dharma Wanita Persatuan UM, diadakan dua minggu sekali tiap jum’at sore. Bekerjasama dengan Takmir, dan Pelaksana Mata Kuliah Universitas, Pelaksana Kehidupan Beragama (Seksi Islam) mengadakan TDI (tafaquh fi dinil islam) seminggu sekali setiap hari sabtu pagi yang diikuti oleh mahasiswa yang sedang me­nempuh kuliah agama islam. Pihak Takmir menyelenggarakan kegiatan rutin yakni sholat jum’at dan sholat lima waktu, ceramah rutin setiap selesai sholat dzuhur, dan kajian rutin setiap hari selasa.

Kegiatan Warga Kristen (Katholik dan Protestan)

Pembinaan agama Kristen Protestan dilakukan dalam bentuk kegiatan rutin yaitu Ke­giatan Pendalaman Alkitab dan Persekutuan Doa yang dilaksanakan setiap minggu. Pe­layanan tersebut diadakan di gedung KBK (Keluarga Besar Kristen). Pelayanan kerohanian Kristen juga dilakukan secara online melalui laman website di http://imakris.ukm.um.ac.id. Setiap tahunnya ada beberapa kegiatan insidental seperti LKMO, Perayaan Paskah, Gathering Peng­urus, Pe­nyambutan Mahasiswa Baru Kristen di Universitas Negeri Malang, perayaan Natal dan Kamp Regenerasi terhadap Pengurus yang baru terbentuk.

Pembinaan agama Katholik dilakukan dalam bentuk kegiatan ibadah/misa kampus yang dilaksanakan secara periodik setiap bulan dan pertemuan pendalaman iman (meditasi, sharing dan diskusi) satu kali dalam sebulan, perayaaan hari besar Natal dan Paskah yang dapat be­rupa ibadah/misa, perayaan Paskah bersama dengan agama Kristen Protestan, Doa Rosario rutin setiap bulan Mei dan Oktober, pelayanan bersama dipanti asuhan atau panti jompo di bulan september, bakti sosial, seminar ilmiah, serta penerimaan dan penyambutan mahasiswa baru Katholik (Penjemputan Mahasiswa Baru, Pentas dan Aksi Mahasiswa Baru dan CAMP).

Kegiatan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD)

Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Negeri Malang (KMHD UM) merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang begerak dalam bidang kerohanian, khususnya ke­rohanian Hindu, yang berupaya untuk meningkatkan kualitas kerohanian mahasiswa Hindu di Universitas Negeri Malang.

Pembinaan umat Hindu sendiri di lingkungan UM mencakup kegiatan dharma agama dan dharma negara. Pelaksanaan dharma agama diarahkan kepada terwujudnya peningkatan keyakinan (srada) umat Hindu terhadap Ida sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) beserta ajaran-Nya. Hal ini dilakukan dengan jalan mengadakan pendalaman kitab suci melalui diskusi (Dharmatula) dan persembahyangan (Yadnya). Sementara itu, pelaksanaan dharma negara diarahkan kepada upaya pengembangan partisipasi umat Hindu dalam pembangunan nasional. Menumbuh kembangkan sikap toleransi dan perwujudan tri kerukunan beragama yang antara lain diwujudkan dalam bentuk kerjasama dalam kegiatan-kegiatan sosial keagamaan (Dharma Bhakti).

Kalian bisa menjumpai kami di Kampung UKM-UM Lt.2 No.03 dan kalian juga bisa berinteraksi langsung dengan kami di sosial media dengan username @kmhdum kami tunggu kehadiran kalian, terima kasih.

Poliklinik

Poliklinik UM dirintis sejak tahun 1969. Poliklinik berlokasi di Jl. Ambarawa di dalam kompleks Kampus I dengan luas 400 m2. Selain untuk memberikan layanan medis bagi warga UM, Poliklinik juga terbuka bagi masyarakat umum, terutama warga di sekitar kampus. Dana operasional Poliklinik sebagian besar berasal dari UM dan sebagian dari pasien.

Mahasiswa dan pegawai UM dibebaskan dari biaya berobat dan peme­riksaan kesehatan (permintaan surat keterangan sehat untuk kegiatan bersifat akademik). Selain dua unsur tersebut, dikenakan biaya pendaftaran sebagai berikut:

Keluarga dan pensiunan pegawai administrasi

Keluarga dan pensiunan dosen

Masyarakat umum

Pendaftaran baru ditambah biaya administrasi

Surat Keterangan Sehat

Rp.

Rp.

Rp.

Rp.

Rp.

3.000,-

3.000,-

3.000,-

5.000,-

15.000,-

Biaya berobat disesuaikan dengan pemakaian obat dan penggunaan bahan habis pakai yang lain. Pelayanan medis ditangani oleh tiga dokter umum, dua dokter gigi, dua perawat, satu bidan, satu terapis, lima orang pelaksana administrasi, dan tiga orang tenaga honorer. Pelayanan dokter dilakukan tiap hari kerja, waktu pelayanan Poliklini adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran
    Senin-Jumat     : 07.00 – 14.00 WIB
  2. Pelayanan
    Senin-Kamis     : 08.00 – 14.30 WIB
    Jumat               : 08.00 – 14.00 WIB  

Jenis pelayanan yang dapat diperoleh di Poliklinik UM antara lain:

  1. Kesehatan umum
  2. Kesehatan gigi
  3. Terapi massage
  4. Kesehatan ibu dan anak, meliputi:
  5. pemeriksaan kehamilan;
  6. pelayanan keluarga berencana (KB);
  7. posyandu balita pada hari Rabu minggu pertama;
  8. posyandu lansia pada hari Rabu minggu kedua;

Pelayanan posyandu meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan tumbuhkembang bagi balita, dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

  • Pelayanan tambahan:
  • deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui pemeriksaan papsmear dan CBE (Clinical Breast Examination);
  • permintaan surat keterangan dokter untuk keperluan administrasi bagi mereka yang memerlukan;
  • tempat pengumpulan donor darah untuk tujuan kemanusiaan lewat PMI Cabang Malang;

Poliklinik UM juga bekerjasama dengan SD Laboratorium UM, Sekolah Autis Lab UM, dan TPA UM untuk pemeriksaan kesehatan dan tumbuh kembang bagi balita.

Sarana Kesenian

Pembinaan dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang seni dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa, yang meliputi paduan suara, karawitan, tari, musik, seni rupa dan kerajinan/keterampilan, dan drama/teater. Program kegiatannya meliputi pendidikan dan pelatihan bagi anggota baru, pelatihan rutin, latihan insidental, dan pentas bersama. Teknis pembinaannya dilakukan masing-masing bidang oleh seorang Pembina Teknis.

Mahasiswa yang ingin bergabung menjadi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa bidang seni dapat mendaftarkan diri di Sekretariat (Paduan Suara, Karawitan, Tari, Musik, Seni Rupa, dan Drama di Unit Kegiatan Mahasiswa masing-masing). Jadwal latihan dan kegiatan masing-masing bidang seni tersebut diatur oleh UKM masing-masing.

Pada bagian lain, terdapat kelompok seni yang anggotanya terdiri dari dosen dan pe­laksana administrasi, yang meliputi musik dan menyanyi.

Sarana Olahraga

Lapangan Tenis Cakrawala

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) mau-pun kegiatan olahraga dosen, pegawai, dan mahasiswa pada umumnya, UM menyediakan se-jumlah sarana olahraga yaitu lapangan sepak bola (Stadion Cakrawala), lapangan tennis Cakra-wala, lapangan bola basket, tenis meja, lapangan bola volley, lapangan volley pantai lapangan bulutangkis, kolam renang, fitness center dan gedung serbaguna.

Lapangan sepak bola sebanyak 2 buah di Kampus I dan Kampus II. Lapangan tenis se-banyak 3 buah berlokasi di Kampus I. Lapangan bola basket sebanyak 3 buah terletak di kampus I, II, dan III. Lapangan bola volley sebanyak 5 buah, berlokasi di Kampus I sebanyak 2 buah, di Kampus II sebanyak 2 buah dan di Kampus III sebanyak 1 buah. Lapangan bulutangkis se­banyak 4 buah yang berlokasi di Kampus I, sebanyak 1 buah terletak di Gedung Soka dan 3 buah terletak di Gedung Kuliah Bersama FIP.

Prosedur perijinan penggunaan sarana olahraga tidak berbeda dengan penggunaan sarana umum lainnya yakni dengan mengajukan permohonan kepada Rektor c.q. Wakil Rektor II yang selanjutnya diatur dan disesuaikan dengan jadwal penggunaan sarana olahraga yang telah ada.

Pembinaan terhadap mahasiswa yang berbakat dalam berbagai bidang olahraga, di­lakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikoordinir oleh Fakultas Ilmu Keolahra-gaan (FIK). UKM bidang olahraga meliputi Lembaga Perwakilan Bela Diri, sepak bola, bola basket, bola voli, bridge, tennis lapangan, tennis meja, bulutangkis, softball, sepak takraw, catur dan renang. Jadwal latihannya diatur dan disesuaikan dengan pembina teknis masing-masing.

Tidak ada perkumpulan olahraga yang khusus diikuti oleh dosen maupun tenaga kependi-dikan. Namun demikian, untuk menjaga kebugaran tubuhnya, tersedia Senam Kesegaran Jas-mani (SKJ), Fitness Center, bulutangkis dan tenis lapangan keempat jenis olahraga ini intensif dilakukan dan dijadwal secara teratur dan dapat diikuti oleh mahasiswa dan umum.

Bagi warga UM yang berminat mengikuti olahraga Tennis Lapangan yang berlokasi di Kampus I, dapat menghubungi Pusat Bisnis, sedangkan peminat di luar warga UM dapat me-ngajukan permohonan kepada Wakil Rektor II.

Fitness Center bertempat di Kampus I Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota dan konsultasi dokter. Fitness Center ini mampu menampung sekitar 40 orang. Untuk keperluan latihan dipandu oleh 5 orang instruktur senam aerobic dan 5 orang instruktur serta alat yang professional. Waktu latihan di­selenggarakan seminggu 3 kali. Jadwal latihannya ditentukan pada setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at pukul 07.00-07.30.

Sarana Transportasi

Garasi Kendaraan

Untuk menunjang kelancaran kegiatan kedinasan maupun kegiatan sosial warganya, UM menyediakan sejumlah kendaraan dalam berbagai jenis. Kendaraan ini terdiri dari: 10 minivan dengan kapasitas masing-masing 6-7 orang, 1 unit sedan berkapasitas 4 orang, 4 unit minibus berkapasitas 8-14 orang, 2 unit bus berkapasitas 28-33 orang, 1 unit mobil tangki air, 2 unit ambulan, 2 unit truk pengangkut sampah, 1 unit truk crane, dan 3 unit mobil pick up,

Selama ini kendaraan tersebut telah banyak digunakan untuk pelayanan kegiatan ope­rasional kedinasan seperti kegiatan seminar, lokakarya, workshop, diklat, KKN, study tour, ke­giatan olahraga dan kunjungan ke kampus lain, kegiatan sosial, dan keagamaan. Bagi warga UM atau orang luar yang ingin menggunakan kendaraan tersebut, bisa menghubungi Sub Bagian Rumah Tangga Biro Umum dan Keuangan (BUK) UM telp (0341) 551312 psw 1113 dengan mengisi formulir yang disediakan dan mengikuti prosedur serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tempat Parkir dan Lalu-lintas Kampus

Bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan tamu yang membawa kendaraan ke kampus disediakan tempat parkir di beberapa tempat yang tidak dipungut biaya (gratis). Tempat parkir utama dengan kapasitas terbesar berlokasi di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala, tempat parkir lainnya yang lebih kecil terbagi menjadi area parkir roda 4 dan roda 2. Area parkir Roda 4 berada di depan dan belakang Gedung A2, depan Sekolah Autis, depan Asrama Putri, depan Gedung D2, depan Gedung D4, depan Gedung G4, diantara H7 dan H8, depan Graha Rektorat, basement Graha Rektorat, depan Sasana Krida, depan Sasana Budaya, depan Pusat Belajar Bahasa Mandarin, dan samping Gedung I2–I5. Sedangkan area parkir roda 2 berada di samping Gedung C1, depan Graha Rektorat, belakang A2, FIP, FE, belakang Gedung D9, samping Masjid, MIPA, FIK, dan depan Garasi Mobil UM.

Demi keamanan dan ketertiban, disarankan agar pemakai kendaraan tidak memarkir kendaraan mobil, motor, sepeda angin, bus dan kendaraan sejenisnya selain pada tempat yang telah disediakan. Khusus untuk kendaraan bus hanya diperbolehkan parkir di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala. Tempat parkir ini dijaga petugas keamanan (Satpam). Sedang­kan bagi mereka yang membawa mobil dan motor tidak diperkanankan memarkir kendaraannya di jalan-jalan area kampus yang dapat berakibat timbulnya kemacetan lalu lintas.

Begitu juga untuk menjaga keamanan, dan ketertiban kampus, jalan masuk ke kampus pengendara kendaraan bisa melalui 4 gerbang, yaitu melalui Jl. Semarang, Jl. Surabaya, Jl. Veteran, dan Jl. Ambarawa, khusus untuk gerbang Jl. Ambarawa hanya diperbolehkan kendaraan roda dua dan sejenisnya.

Toko dan Koperasi

Di UM terdapat dua koperasi utama yaitu Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UM dan Ko­perasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM. Pelayanan yang diberikan oleh kedua koperasi tersebut tidak terbatas kepada anggotanya saja, tetapi terbuka juga untuk umum.

KOPMA UM mengembangkan bidang usaha yang meliputi unit pertokoan, jasa dan pro­duksi, simpan pinjam, dan peningkatan pendidikan. Unit pertokoan menyediakan buku, sandang, dan alat tulis kantor, sedangkan unit jasa dan produksi memberikan jasa layanan sablon, kafetaria, unit jasa melayani fotokopi. Unit Simpan Pinjam diprogramkan untuk membantu mahasiswa (anggota) yang membu­tuhkan bantuan dalam membayar SPP dan biaya hidup (wesel terlambat). Unit peningkatan pendidikan menyelenggarakan diklat perkoperasian bagi anggota dan juga men-dukung kelompok/organisasi koperasi sekolah, PTN maupun Swasta di dalam maupun di luar kota Malang. Selain itu mengirimkan anggota untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselengga­rakan oleh organisasi perkoperasian di luar kampus.

Selanjutnya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM mengembangkan unit usaha, yang meliputi unit usaha simpan pinjam, unit usaha pertokoan/swalayan, pembayaran rekening listrik, telepon, dan air secara kolektif.

Unit usaha simpan pinjam, fasilitas yang diberikan kepada anggota adalah: (1) pinjaman s.d Rp 100.000.000,00 dengan jasa sebesar 1,0% menurun dengan masa angsuran maksi­mal 180 bulan; (2) pinjaman sosial tanpa bunga maksimal Rp1.000.000,- dengan angsuran mak­simal 20 bulan. Bagi anggota yang menabung di KPRI UM diberikan jasa per bulan 0,40%, tanpa potongan apapun (reguler) dan untuk Tabungan Masa Depan (TMD) diberikan jasa se­besar 0,50% flat dengan jangka waktu minimal 1 tahun (12 bulan) dan dapat diperpanjang. Untuk memperluas jangkauan layanan dan dalam rangka memberikan kemudahan anggota dipersilahkan untuk berbelanja segala kebutuhan anggota di seluruh toko di Malang dan di luar Malang secara tunai kemudian kwitansi pembelian dapat langsung ditukar pada bagian simpan pinjam selanjutnya barang tersebut dapat diangsur selama maksimal 72 bulan dengan maksimal kredit Rp 100.000.000,00 dengan jasa sebesar 1,0% menurun

Unit pertokoan/swalayan, menyediakan bahan pokok kebutuhan anggota, kebutuhan sekolah, kebutuhan rumah tangga lainya baik primer maupun sekunder. Untuk pembelian/ belanja tunai Rp 200.000,00 keatas akan diberikan diskon 2% dan dapat diantar ke rumah se­lama di wilayah kota Malang.

Dalam Bidang Sosial, KPRI UM memberikan bantuan rawat inap bagi anggota sebesar Rp 500.000,00 dan keluarganya (istri/suami/anak kandung) sebesar Rp 400.000,00. Dalam satu tahun maksimal dapat diberikan bantuan sebanyak dua kali. Untuk memberikan keamanan bagi keluarga anggota, KPRI UM juga memberikan jaminan atas pinjaman yang dilakukan maksimal sebesar Rp.150.000.000,00.

Upaya untuk meningkatkan layanan kepada anggota terus dilakukan, salah satunya ada-lah melalui pembayaran rekening listrik, air, dan telepon anggota secara kolektif melalui KPRI UM. Layanan kemudahan pembayaran ini dilakukan agar para anggota tidak lagi antri dalam membayar, lebih hemat, dan dijamin tidak terjadi kelupaan dalam membayar. Hanya dengan tambahan biaya Rp 1.000,00 (seribu rupiah) per rekening dan pembayaran melalui potong gaji.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi KPRI UM (0341) 553-921, 588-255. Untuk per-tokoan atau swalayan melalui nomor 0812-3205-6065 (telp/WA).

Wisma Tamu (Guest House)

UM mempunyai 3 buah wisma tamu, terletak di Jl. TGP No. 9 dan TGP No. 11 Malang. Sesuai dengan namanya, wisma ini diperuntukkan bagi para tamu yang berkunjung di UM.

Wisma Tamu yang berada di Jl. TGP No. 9 dan No. 11 menempati area seluas 1.137 m2, luas bangunan 350 m2, dengan jumlah ruang tamu 2 buah, kamar tidur 10 buah yang mampu menampung 20 tamu. Bangunan dan lantai ini dilengkapi berbagai fasilitas yang terdiri atas kamar tidur dan perlengkapannya, telepon, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, fasilitas TV, kulkas, LCD dan layar proyektor, meja dan kursi rapat.

Prosedur penggunaan wisma tersebut dengan cara mengajukan surat permohonan ke Rektor c.q. Wakil Rektor II dan tembusan ke Direktur Sarana, Prasrana dan Aset, Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasrana, Seksi Rumah Tangga UM.


Rincian fasilitas lain dapat dilihat pada aplikasi SIBMN