Sarana Umum
Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi besar dengan jumlah dosen 1.083 orang, jumlah pelaksana administrasi 944 orang, dan jumlah mahasiswa 37.268 orang mahasiswa (data statistik Desember 2023). Untuk menunjang aktivitas dari warga UM dalam menjalankan tugasnya sehari-hari di kampus, mutlak diperlukan adanya beberapa fasilitas umum. Tersedianya fasilitas umum ini tentunya diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas yang diberikan kepada sivitas akademika secara langsung ataupun tidak langsung. Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UM antara lain asrama mahasiswa, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, ATM BNI, BRI dan BTN, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), kantin, Pengembangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah, Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, koperasi KPRI UM, hotspot, dan wisma tamu (Guest House).
Asrama Mahasiswa

Untuk membantu mahasiswa mendapatkan tempat tinggal yang bisa menunjang kelancaran studinya, tersedia asrama mahasiswa di kampus I Jl. Veteran Kota Malang, asrama mahasiswa di Kampus II Jl. Ki Ageng Gribig Kota Malang, serta asrama mahasiswa di Kampus III Jl. Ir. Soekarno No. 1 Kota Blitar. Dengan kapasitas total 1481 mahasiswa. Asrama mahasiswa mulai dikelola tahun 2017 oleh Divisi Asrama, Pusat Bisnis. Tahun 2023 pengelolaan asrama pindah ke Seksi Pengelolaan Asrama, Direktorat Sarana, Prasarana dan Aset Universitas Negeri Malang.
Asrama Mahasiswa Kampus I terdiri dari 7 (tujuh) unit gedung, masing-masing:
- Asrama Edelweiss kapasitas 154 orang
- Asrama Aster kapasitas 80 orang
- Asrama Soka kapasitas 98 orang
- Asrama Tulip kapasitas 273 orang
- Asrama Lily kapasitas 132 orang
- Asrama Dahlia kapasitas 436 orang
- Asrama Melati kapasitas 24 orang
Asrama Mahasiswa Kampus II (Sawojajar) Asrama Matahari dengan kapasitas 100 orang, serta Asrama Mahasiswa Kampus III (Blitar) Asrama Mawar dengan kapasitas 184 orang. Fasilitas yang tersedia untuk mahasiswa yang tinggal di asrama adalah kamar tidur, mushala, ruang tamu, ruang makan, televisi, wi-fi, dan tempat parkir kendaraan.
Pembinaan terhadap warga asrama mahasiswa dikoordinir oleh tim pengelola asrama dibantu pembina dan pengurus asrama melalui kegiatan-kegiatan, antara lain olahraga, pembinaan agama, kuliah subuh, diskusi lintas fakultas, kesenian, kursus komputer, pelatihan penulisan karya ilmiah, jurnalistik, kerja bakti, dan pengabdian masyarakat.
Selain melayani hunian dalam waktu satu tahun (sebagai warga asrama), asrama mahasiswa juga melayani hunian sementara harian atau bulanan untuk mahasiswa UM atau luar UM, juga untuk masyarakat umum.
Wisma Tamu (Guest House)
UM mempunyai 3 buah wisma tamu, terletak di Jl. TGP No. 9 dan TGP No. 11 Malang. Sesuai dengan namanya, wisma ini diperuntukkan bagi para tamu yang berkunjung di UM.
Wisma Tamu yang berada di Jl. TGP No. 9 dan No. 11 menempati area seluas 1.137 m2, luas bangunan 350 m2, dengan jumlah ruang tamu 2 buah, kamar tidur 10 buah yang mampu menampung 20 tamu. Bangunan dan lantai ini dilengkapi berbagai fasilitas yang terdiri atas kamar tidur dan perlengkapannya, telepon, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, fasilitas TV, kulkas, LCD dan layar proyektor, meja dan kursi rapat.
Prosedur penggunaan wisma tersebut dengan cara mengajukan surat permohonan ke Rektor c.q. Wakil Rektor II dan tembusan ke Direktur Sarana, Prasrana dan Aset, Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasrana, Seksi Rumah Tangga UM.
BNI Kantor Layanan UM

Layanan Perbankan lainnya. Menjelang tahun ajaran baru BNI Kantor Layanan UM, juga melayani pembayaran Formulir SPMB dan sudah berlangsung sejak tahun 1988. BNI menempati areal dalam kompleks Kampus UM yang beralamat di Jl. Surabaya No. 4 Malang. Tempat ini cukup strategis karena berdekatan dengan kantor-kantor Instansi Pemerintah dan Swasta, sehingga akses oleh pihak di luar UM sangat dimungkinkan. BNI Kantor Layanan UM terus mengembangkan layanan operasionalnya.
Beberapa produk yang dapat diperoleh di bank ini antara lain: (1) Produk Simpanan: Giro, Deposito, Taplus, Taplus Bisnis, Tabungan Pendidikan (Tapenas), BNI Haji, BNI Dollar, Taplus Pegawai (TAPPA),Taplus Muda, Tabungan Taplus Anak, Taplus Mahasiswa/ KTM, Deposit on Call (DOC), DPLK dan Derivatif lainnya. (2) Produk Investasi: BNI Life Multi Pro, BNI Life Cash Pro, Reksadana, ORI, SUKUK dll. (3) Jasa-jasa Perbankan: Kiriman uang Dalam Negeri, Inkaso, SKB, Cek Multi Guna, Pembayaran Pajak, Fidusia, Pembayaran Listrik, Pembayaran Telepon, Pembayaran SPP, dan biaya masuk perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui sarana H2H. (4) Transaksi Luar Negeri: Incoming Transfer, Outgoing Transfer, Travellers Check, Foreign Exchange, Ekspor-Impor, dll. (5) Layanan Electronic Chanel: SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking, dll.
Sejak tahun 1990, sesuai dengan kebijakan pemerintah, BNI Kantor Layanan UM juga melayani payroll rekening gaji di lingkungan UM dan instansi-instansi lain baik sekitar kampus maupun diluar kampus, serta penyaluran kredit kepada dosen dan karyawan, yang terdiri dari:
- Kredit Konsumer:
Kredit tanpa agunan (BNI Flexi), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Penelitian, Kredit Mahasiswa Berprestasi, dan Kredit Beasiswa S2 dan S3 untuk keperluan biaya pendidikan - Kredit Produktif:
Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja (KMK), dan Kredit Investasi (KI)
BNI Kantor Layanan UM memberikan layanan kepada masyakat kampus dan masyarakat umum dimulai jam 08.00-16.00 setiap hari dari hari Senin s.d Jumat.
BRI Kantor Kas UM

BRI Kantor Kas UM, berdiri bulan Oktober tahun 2007, dan merupakan kerjasama antara UM dengan BRI Kanca Malang Martadinata. BRI Kantor Kas UM terletak di Jl. Surabaya No 4 Malang dan masuk dalam komplek kampus UM, tempat ini cukup strategis untuk akses diluar lingkungan UM karena banyak kantor instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah. BRI merupakan bank yang memiliki jaringan online di 6.000 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia (Kantor Cabang, KCP, KK, dan Teras).
Produk yang ditawarkan meliputi: (1) Britama Rp/Dolar, Britama Rencana, Britama Bisnis, dan Junio, Giro, Deposito, Tabungan Haji, Simpedes, Kartu Kredit BRI, DPLK BRI; (2) Jasa-jasa perbankan meliputi: Pengiriman uang dalam dan luar negeri, Inkaso Travellers Check; (3) Layanan lain meliputi: Pembayaran telepon, listrik, dan air, pembayaran kartu kredit baik BRI, Standart Chartered Bank, Citibank, ANZ, HSBC, Pembayaran angsuran motor: FIF, BAF dan SOF, Pembayaran gaji untuk instansi dan perusahan melalui payroll gaji. Pembayaran SPP, SPSA, SPMB , mulai dari PAUD sampai dengan Universitas. Dan fasilitas lainya seperti: internet banking BRI, Mobile Banking BRI, Phone Banking BRI.
Dari tabungan baik itu Britama dan Simpedes setiap 6 bulan sekali dilakukan undian dengan hadiah rumah, mobil dll. BRI Kantor Kas UM memberikan pelayanan kepada masyarakat kampus dan masyarakat umum setiap hari kerja (Senin s.d. Jum’at) mulai pukul 08.00-16.00 WIB.
Masjid Al-Hikmah

Komplek Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM, dirintis mulai tahun 1960-an, dan resmi berdiri pada tahun 1981 sehingga dapat dipergunakan secara memadai. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2, terdiri atas bangunan induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum termasuk lantai 2), dan perpustakaan 300 m2. Saat ini pengelolaannya langsung dibawah Rektor UM.
Masjid ini memiliki berbagai kegiatan, baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insidental. Kegiatan ini antara lain meliput: Pengajian untuk karyawan yang dilakukan oleh seksi pengajian KORPRI diadakan dua minggu sekali setiap hari Kamis malam. Pengajian untuk ibu-ibu yang dikoordinasikan oleh seksi pengajian Dharma Wanita Persatuan UM, diadakan dua minggu sekali tiap Jum’at sore. Bekerjasama dengan Takmir, dan Pelaksana Mata Kuliah Universitas, Pelaksana Kehidupan Beragama (Seksi Islam) mengadakan TDI (tafaquh fi dinil islam) seminggu sekali setiap hari Sabtu pagi yang diikuti oleh mahasiswa yang sedang menempuh kuliah agama Islam. Pihak Takmir menyelenggarakan kegiatan rutin yakni sholat Jum’at dan sholat lima waktu, ceramah rutin setiap selesai sholat Dzuhur, dan kajian rutin setiap hari Selasa.
Adapun Masjid Al-Hikmah terbuka untuk masyarakat umum baik perorangan/organisasi/perkumpulan bisa menggunakan untuk kegiatan seperti akad nikah, pengajian akbar, dzikir akbar dsb dengan dikenakan biaya konstribusi berdasarkan SK Tarip Rektor.
Poliklinik

Klinik Pratama UM merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama milik Universitas Negeri Malang (UM) dengan struktur organisasi di bawah UPT Layanan Kesehatan. Pada bulan September tahun 2024 Klinik Pratama UM telah mendapatkan izin operasional dengan No izin 12102301483920001.
Poliklinik UM yang saat ini dikenal sebagai Klinik Pratama, sudah dirintis sejak tahun 1969. Klinik Pratama UM berlokasi di Jl. Semarang no.5 di dalam kompleks Kampus I dengan luas 400 m2. Selain untuk memberikan layanan medis bagi warga UM, Klinik pratama UM juga terbuka bagi masyarakat umum, terutama warga di sekitar kampus. Sampai awal tahun ini, dana operasional klinik pratama berasal dari anggaran UM dan dari pemasukan klinik yang berasal dari pasien. Sejak tahun 2024, Pasien umum diharuskan mengikuti pembayaran dengan langsung transfer ke rekening rektor (cashless). Hingga awal tahun 2025, mahasiswa dan pegawai UM dibebaskan dari biaya berobat dan pemeriksaan kesehatan (permintaan surat keterangan sehat untuk kegiatan bersifat akademik). Selain dua unsur tersebut, dikenakan biaya sesuai SK Tarif Rektor.
Visi Klinik Pratama UM adalah: ”Mewujudkan layanan kesehatan primer yang unggul dan paripurna”.
Dengan Misi nya antara lain:
- Menyelenggarakan tata kelola layanan Kesehatan primer yang akuntabel dan berintegritas.
- Mengembangkan kerjasama dan kolaborasi dengan unit lain untuk mewujudkan paradigma kampus sehat.
- Menyelenggarakan Layanan Kesehatan primer yang terakreditasi paripurna.
- Menjadikan Klinik Pratama UM sebagai pilihan utama layanan primer bagi civitas akademika dan masyarakat umum.
Jadwal layanan klinik Pratama disesuaikan dengan hari dan jam layanan Universitas Negeri Malang (UM), yakni :
- Senin – Kamis layanan dimulai 07.30 – 14.30 WIB, istirahat 11.30 – 12.30 WIB.
Untuk pelayanan yang memerlukan tindakan kegawatdaruratan, layanan akan tetap dilaksanakan hingga pukul 16.00 WIB. - Jumat, layanan dimulai 07.30 – 14.00 WIB, istirahat pukul 11.00 – 13.00 WIB.
Pada akhir layanan 14.30 WIB.
Beberapa bentuk layanan kesehatan yang dimiliki oleh klinik pratama UM antara lain:
- Poli Umum dan Kegawatdaruratan Klinik
Poli umum di klink pratama UM merupakan layanan unggulan klinik pratama UM. Poli umum klinik pratama saat ini terdiri dari poli 1 dan poli 2 dengan sumber daya yang tersedia yakni memiliki 3 dokter umum yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP). Selain pelayanan pasien rawat jalan, klinik pratama UM juga menyediakan layanan kegawatdaruratan klinik. Pada layanan kegawatdaruratan, dokter akan melakukan assasment awal apakah kasus pasien tersebut bisa ditangani di klinik atau justru diperlukan rujukan pasien. Berikut dokumentasi fasilitas di ruang tindakan klinik pratama UM. - Poli Gigi
Pelayanan poli gigi di tahun 2025 dilaksanakan pada hari Senin-Jumat dengan tenaga dokter yang memiliki SIP adalah dua orang dokter gigi. - Poli Konsultasi Ibu dan Anak (KIA)
Beberapa jenis layanan Poli KIA antara lain Layanan Antenatal Care (ANC), Konseling Keluarga Berencana (KB), Pemeriksaan Tumbuh Kembang antara lain di TPA Melati UM, dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Poli KIA UM memiliki dua bidan pelaksana. Poli KIA juga memiliki program untuk deteksi dini Kanker Serviks untuk ibu-ibu civitas akademika UM yakni berupa pemeriksaan Pap Smear dengan bekerja sama dengan laboratorium di Kota Malang. - Instalasi Farmasi Klinik
Klinik Pratama UM juga melakukan pelayanan obat untuk pasien dengan adanya Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) sebagai legalitas pelayanan obat secara mandiri.
Secara keseluruhan, berikut gambaran alur layanan pasien di klinik Pratama UM.

Sarana Transportasi

Untuk menunjang kelancaran kegiatan kedinasan maupun kegiatan sosial bagi warga UM baik itu dosen, tendik maupun mahasiswa, UM menyediakan sejumlah kendaraan dalam berbagai jenis; Hiace Biru (8 tempat duduk), Hiace Putih (10 tempat duduk), Hiace Silver (14 tempat duduk), Inovava Hitam (5 tempat duduk), Inova Abu-abu (5 tempat duduk), Venturer (5 tempat duduk), Fortuner (5 tempat duduk), Rush (5 tempat duduk), Ambulan BRI, Ambulan Biru, Elf Isuzu (14 tempat duduk), Elf Hino (19 tempat duduk), Elf Mitshubishi (19 tempat duduk), Bus Mitshubishi (29 tempat duduk), Bus Isuzu (33 tempat duduk), Jet Bus Isuzu Medium (25 tempat duduk), Camri (3 tempat duduk), Ambulance Daihatsu (3 Orang Tempat Duduk), Ambulance Suzuki (3 Orang Tempat Duduk), Ambulance Mitshubishi (3 Orang Tempat Duduk), Sky Life (3 Orang Tempat Duduk), Truck Tangki Mitshubishi (3 Tempat duduk), Pick Up L300 2 Unit (3 Tempat duduk)
Selama ini kendaraan tersebut telah banyak digunakan untuk pelayanan kegiatan operasional kedinasan seperti kegiatan seminar, lokakarya, workshop, diklat, KKN, study tour, kegiatan olahraga dan kunjungan ke kampus lain, kegiatan sosial, dan keagamaan. Bagi warga UM atau orang luar yang ingin menggunakan kendaraan tersebut, bisa menghubungi Kasie Rumah Tangga Direktorat Sarana, Prasarana, dan Aset (DSPA) UM telp (0341) 551312 psw 1113 dengan mengisi formulir yang disediakan dan mengikuti prosedur serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.
Sarana Parkir dan Lalu-lintas Kampus


Multi Level Parking Garage
Bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan tamu yang membawa kendaraan ke kampus disediakan tempat parkir di beberapa tempat yang tidak dipungut biaya (gratis). Tempat parkir utama dengan kapasitas terbesar berlokasi di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala, tempat parkir lainnya yang lebih kecil terbagi menjadi area parkir roda 4 dan roda 2 terdiri:
a. Area parkir Roda 4 berada di depan dan belakang Gedung B1 dan Gedung B2, depan Sekolah Autis, depan Asrama Putri, depan Gedung D6, depan Gedung D10, depan Gedung B12, diantara gedung B15 dan B17, depan Graha Rektorat, basement Graha Rektorat, depan Sasana Krida, depan dan belakang Sasana Budaya, depan Pusat Belajar Bahasa Mandarin, selatan Posko satpam dan samping Gedung A7–A9, gedung GKB A19 dan A20.
b. Area parkir roda 2 berada di samping Gedung A1, depan Graha Rektorat, belakang gedung B2, parkir FIP, parkir FEB, samping Masjid Al Hikmah, Parkir MIPA, parkir FIK, Parkir FV, dan depan Garasi Mobil UM.
c. Parkir bertingkat sebelah utara dan selatan gedung A21 (Sekolah Pascasarjana), Belakang gedung B2, belakang Gedung D19, gedung GKB A19 dan A20 dan parkir barat kolam renang.
Demi keamanan dan ketertiban, disarankan agar pemakai kendaraan tidak memarkir kendaraan mobil, motor, sepeda angin, bus dan kendaraan sejenisnya selain pada tempat yang telah disediakan. Khusus untuk kendaraan bus hanya diperbolehkan parkir di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala. Tempat parkir ini dijaga petugas keamanan (Satpam). Sedangkan bagi mereka yang membawa mobil dan motor tidak diperkenankan memarkir kendaraannya di jalan-jalan area kampus yang dapat berakibat timbulnya kemacetan lalu lintas.
Begitu juga untuk menjaga keamanan, dan ketertiban kampus, jalan masuk ke kampus pengendara kendaraan bisa melalui 4 gerbang, yaitu melalui Jl. Semarang, Jl. Surabaya, Jl. Veteran, dan Jl. Ambarawa, khusus untuk gerbang Jl. Ambarawa hanya diperbolehkan kendaraan roda dua dan sejenisnya.
Untuk mendukung kegiatan green campus diadakannya car freeday setiap hari Jum’at dan disediakan tempat parkir di masing-masing pintu masuk Jl. Semarang, Jl. Ambarawa, Jl. Veteran dan Jl. Surabaya.
Untuk tempat parkir di kampus 2 dan kampus 3 disediakan tempat parkir khusus roda 4 dan roda 2 di dekat pintu gerbang/pintu masuk kampus.
Sarana Olahraga

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) maupun kegiatan olahraga dosen, pegawai, dan mahasiswa. UM menyediakan sejumlah sarana olahraga yaitu lapangan sepak bola (Stadion Cakrawala), lapangan tennis Cakrawala, lapangan bola basket, tenis meja, lapangan bola voli, lapangan voli pantai lapangan bulutangkis, kolam renang, fitness center dan gedung serbaguna.
Lapangan sepak bola sebanyak 2 buah di Kampus I dan Kampus II. Lapangan tenis sebanyak 3 buah berlokasi di Kampus I. Lapangan bola basket sebanyak 3 buah terletak di kampus I, II, dan III. Lapangan bola volley sebanyak 5 buah, berlokasi di Kampus I sebanyak 2 buah, di Kampus II sebanyak 2 buah dan di Kampus III sebanyak 1 buah. Lapangan bulutangkis sebanyak 4 buah yang berlokasi di Kampus I, sebanyak 1 buah terletak di Gedung Soka dan 3 buah terletak di Gedung Kuliah Bersama FIP.
Prosedur perijinan penggunaan sarana olahraga tidak berbeda dengan penggunaan sarana umum lainnya yakni dengan mengajukan permohonan kepada Rektor c.q. Wakil Rektor II yang selanjutnya diatur dan disesuaikan dengan jadwal penggunaan sarana olahraga yang telah ada.
Pembinaan terhadap mahasiswa yang berbakat dalam berbagai bidang olahraga, dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikoordinir oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). UKM bidang olahraga meliputi Lembaga Perwakilan Bela Diri, sepak bola, bola basket, bola voli, bridge, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, softball, sepak takraw, catur dan renang. Jadwal latihannya diatur dan disesuaikan dengan pembina teknis masing-masing.
Tidak ada perkumpulan olahraga yang khusus diikuti oleh dosen maupun tenaga kependidikan. Namun demikian, untuk menjaga kebugaran tubuhnya, tersedia Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Fitness Center, bulutangkis dan tenis lapangan, keempat jenis olahraga ini intensif dilakukan dan dijadwal secara teratur dan dapat diikuti oleh mahasiswa dan umum.
Bagi warga UM yang berminat mengikuti olahraga Tenis Lapangan, stadion Cakrawala, kolam renang, lapangan bulutangkis, lapangan basket outdoor dan lapangan voli yang berlokasi di Kampus I, II, dan III dapat menghubungi Kasie sarana Pengelolaan Gedung Serbaguna dan Prasarana Olahraga Direktorat Sarana, Prasarana, dan Aset, sedangkan peminat di luar warga UM dapat mengajukan permohonan kepada Wakil Rektor II.
Fitness Center bertempat di Kampus I Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota dan konsultasi dokter. Fitness Center ini mampu menampung sekitar 40 orang. Untuk keperluan latihan dipandu oleh 5 orang instruktur senam aerobic dan 5 orang instruktur serta alat yang professional. Waktu latihan diselenggarakan seminggu 3 kali. Jadwal latihannya ditentukan pada setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at pukul 07.00-07.30.
Kantin

UM yang memiliki sejumlah kantor dengan jumlah warga yang besar, dan dengan waktu kerja/kuliah sampai sore/malam hari, tentunya sangat memerlukan unit kantin untuk keperluan penyediaan makanan. Di dalam kampus I dan kampus II ada beberapa unit kantin yang berada di masing-masing fakultas, antara lain: di wilayah gedung FIP, FS, FMIPA, FE, FV, FIS, FT, FPSi, Perpustakaan, Sekolah Laboratorium SD, SMP dan SMA, Gedung GKB. Semua kantin ini menyediakan kebutuhan makan, minum, dan snacks (makanan kecil) bagi warga kampus, dan umum. Unit kantin dan kafetaria ini diharapkan dapat membantu warga kampus yang kuliah sampai sore atau bagi mereka yang tidak sempat menyiapkan makanan di rumah.
Dengan Kebijakan pimpinan dalam rangka pengelolaan kantin yang sehat, higienis dan transparansi dalam pengelolaan dengan menerapkan pembayaran secara online tidak boleh dengan tunai.
Toko dan Koperasi
Di UM terdapat dua koperasi utama yaitu Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UM dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM. Pelayanan yang diberikan oleh kedua koperasi tersebut tidak terbatas kepada anggotanya saja, tetapi terbuka juga untuk umum.
KOPMA UM mengembangkan bidang usaha yang meliputi unit pertokoan, jasa dan produksi. Unit pertokoan menyediakan buku, sandang, alat tulis kantor, makanan dan minuman , sedangkan unit jasa dan produksi memberikan jasa layanan fotokopi, Unit peningkatan pendidikan KOPMA UM menyelenggarakan diklat perkoperasian bagi anggota dan juga mendukung kelompok/organisasi koperasi sekolah, PTN maupun Swasta di dalam maupun di luar kota Malang. Selain itu mengirimkan anggota untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi perkoperasian di luar kampus.
Selanjutnya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM mengembangkan unit usaha, yang meliputi unit usaha simpan pinjam, unit usaha pertokoan/swalayan, pembayaran rekening listrik, telepon, dan air secara kolektif.
Unit usaha simpan pinjam, fasilitas yang diberikan kepada anggota adalah: (1) pinjaman s.d Rp 100.000.000,00 untuk ASN dan Rp 50.000.000,00 untuk Non ASN dengan jasa sebesar 0,84% menurun dengan masa angsuran maksimal 180 bulan untuk ASN dan 120 bulan untuk Non ASN; (2) pinjaman sosial tanpa bunga maksimal Rp1.500.000,- dengan angsuran maksimal 30 bulan. Bagi anggota yang menabung di KPRI UM diberikan jasa per bulan 0,25%, tanpa potongan apapun (reguler) dan untuk Tabungan Masa Depan (TMD) diberikan jasa sebesar 0,30% flat dengan jangka waktu minimal 1 tahun (12 bulan) dan dapat diperpanjang. Untuk memperluas jangkauan layanan dan dalam rangka memberikan kemudahan anggota dipersilahkan untuk berbelanja segala kebutuhan anggota di seluruh toko di Malang dan di luar Malang secara tunai kemudian kwitansi pembelian dapat langsung ditukar pada bagian simpan pinjam selanjutnya barang tersebut dapat diangsur selama maksimal 180 bulan untuk ASN dan 120 bulan untuk Non ASN dengan maksimal kredit Rp 100.000.000,00 untuk ASN dan Rp 50.000.000,00 untuk Non ASN dengan jasa sebesar 0,84% menurun.
Unit pertokoan/swalayan, menyediakan bahan pokok kebutuhan anggota, kebutuhan sekolah, kebutuhan rumah tangga lainya baik primer maupun sekunder. Untuk pembelian/ belanja tunai Rp 300.000,00 keatas akan diberikan diskon 2% dan untuk pembelian Rp 400.000,00 keatas dapat diantar ke rumah selama di wilayah kota Malang dengan jadwal yang ditetapkan.
Dalam Bidang Sosial, KPRI UM memberikan bantuan rawat inap bagi anggota sebesar Rp 500.000,00 dan keluarganya (istri/suami/anak kandung) sebesar Rp 400.000,00. Dalam satu tahun maksimal dapat diberikan bantuan sebanyak dua kali. Untuk memberikan keamanan bagi keluarga anggota, KPRI UM juga memberikan jaminan atas pinjaman yang dilakukan maksimal sebesar Rp.200.000.000,00.
Upaya untuk meningkatkan layanan kepada anggota terus dilakukan, salah satunya adalah melalui pembayaran rekening listrik, air, dan telepon anggota secara kolektif melalui KPRI UM. Layanan kemudahan pembayaran ini dilakukan agar para anggota tidak lagi antri dalam membayar, lebih hemat, dan dijamin tidak terjadi kelupaan dalam membayar. Hanya dengan tambahan biaya Rp 1.000,00 (seribu rupiah) per rekening dan pembayaran melalui potong gaji.
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi KPRI UM (0341) 553-921. Untuk pertokoan atau swalayan melalui nomor 0812-3205-6065 (telp/WA).
Rincian fasilitas lain dapat dilihat pada aplikasi SIBMN