image_pdf

Malang- Sebanyak 327 atlet Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jawa Timur dilepas secara simbolis oleh Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, MPd untuk mengikuti  Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di DKI Jakarta yang akan digelar 19-26 September 2019. Seremonial Pelepasan Kontingen dilaksanakan di Graha Cakrawala UM, Kamis (12/9/2019).

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyerahkan bendera Bapomi kepada Ketua Bapomi Jatim Dr. Mu’arifin, M.Pd

Ada 19 Cabang olahraga yang dipertandingkan dan 4 cabang olahraga eksebisi yang digelar dalam POMNAS XVI tahun ini. Rektor UM berpesan kepada para atlit untuk senantiasa menjaga sportifitas.

“Berani mengakui kemenangan dalam pertandingan itu mudah, tetapi berani mengakui kekalahan itu yang kadang sulit. Disinilah letak sportifitas yang perlu kita tunjukkan,’ pesannya.

Lebih lanjut, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, MPd menambahkan bahwa semangat juang saat di lapangan itu penting, tetapi saat di luar lapangan sudah tidak menjadi rival kembali.

Kontingen Bapomi Jatim yang diberangkatkan mengikuti PONAS XVI di DKI Jakarta

“Kita harapkan adanya ajang POMNAS ini adalah menyatukan rasa persaudaraan kita sesama bangsa. Jangan sampai dengan adanya kegiatan olahraga malah menjadikan perpecahan. Saat dilalam lapangan memang ada lawan, tetapi selepas pertandingan, maka yang kita tunjukkan adalah sikap saling menghargai sesama,” lanjutnya.

Ketua Bapomi Jatim yang sekaligus Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd menyapaikan bahwa target kontingen Jatim pada POMNAS XVI ini menjadi runner up. Hal ini realistis mengingat kompetitor yang berpartisipasi dalam POMNAS XVI tahun 2019 ini sangat kompetitif.

“Target kita runner up. Kita mencoba realistis dengan kondisi yang ada. Bapomi belum secara merata berjalan efektif di universitas yang ada di Jawa Timur. Untuk berangkat ke event ini pun, atlet mahasiswa ditanggung oleh perguruan tingginya masing-masing. Sehingga target kita ke depan secara bertahap akan mensosialisaikan program-program Bapomi ke semua Universitas di Jawa Timur dan menjalin banyak sponsor untuk pengembangannya,” jelasnya.

Pada Event ini ada cabor baru, yaitu E-Sport. E Sport ini olahraga yang mengakomodir era industri 4.0. Dalam POMNAS ini E-Sport merupakan cabor eksebisi.

Berikut Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POMNAS XVI

Cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan pada POMNAS XVI TAHUN 2019 DKI Jakarta sejumlah 19 cabang olahraga dan 4 cabang olahraga eksibisi

Penulis : Suhardi