image_pdf

Malang. Sebanyak 6.762 mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 Universitas Negeri Malang (UM) memenuhi Graha Cakrawala UM dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) hari pertama, Selasa (13/8).

Mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 berjumlah 6.762 mahasiswa yang terbagi di semua fakultas. Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 975 mahasiswa, Fakultas Sastra (FS) sebanyak 1007 mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) sebanyak 1143 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 541 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebanyak 739 mahasiswa, Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) sebanyak 195, dan yang terbanyak adalah Fakultas Teknik (FT) berjumlah 1196 mahasiswa.

Dari yang sebelumnya adalah siswa, kini berubah menjadi mahasiswa. Dibutuhkan adanya penyesuaian terhadap kehiduan baru yang akan dijalani. Oleh karena itu, kegiatan PKKMB diselenggarakan untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Mahasiswa baru UM yang disapa sebagai Laskar Dewantara Muda sangat antusias dengan kegiatan PKKMB ini.

Dalam upacara pembukaan PKKMB, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd selaku Rektor UM menyampaikan dalam sambutannya bahwa UM adalah tempatnya para juara. Mahasiswa UM disiapkan agar bisa berprestasi di berbagai bidang.

“UM adalah kampus tempatnya para juara. Mahasiswa disiapkan untuk bisa berprestasi di berbagai bidang. Tentu saja tradisi juara ini akan terus ditingkatkan dan dikembangkan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Rektor UM juga menyampaikan beberapa hal mengenai pentingnya menanamkan pendidikan yang baik untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mengikuti kata-kata bijak, jika suatu bangsa ingin hidup selama satu tahun, maka menanamlah padi dengan baik. Tapi jika suatu bangsa ingin hidup seratus tahun, maka tanamlah pendidikan yang baik. Dan UM menyiapkan pendidikan terbaik untuk mahasiswanya,” tuturnya.

Upaca pembukaan ini ditutup dengan pemukulan gong oleh Rektor UM sebagai simbol dimulainya kegiatan PKKMB UM 2019. Kegiatan PKKMB akan berlangsung selama 6 hari dengan rangkaian kegiatan yang berbeda-beda.

“Selamat datang mahasiswa baru UM. Saya bangga. Tunjukkan pada semuanya bahwa UM tidak salah memilih kalian semua sebagai mahasiswa disini,” pungkas Rofi’uddin.

Pewarta : Diana Rahmawati S. – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tim Dokumentasi