image_pdf

Blitar. Berbagi dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan dalam diri manusia. Sebagai realisasi dari sikap peduli pada sesama, Unit Kegiatan Mahasiswa alQuran Study Club (ASC) Kampus 3 Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Bakti Sosial Qurani minggu (28/04). Kegiatan yang bertemakan “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain” tersebut diselenggarakan di Panti Asuhan Nurul Falah di Pucungsari Kidul, Slorok, Garum, Blitar. Dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana sekaligus Koordinator ASC Kampus 3, Nahdhiah dan Ketua Pengurus Panti Asuhan Nurul Falah, Imam Sulkhan menyambut dengan baik dan berbahagia atas kedatangan 26 mahasiswa Kampus 3 UM. Dalam sambutannya, Nahdhiah berharap baik mahasiswa Kampus 3 maupun anak-anak panti asuhan memiliki jiwa sosial yang baik. Sebab, aspek sosial merupakan hal yang penting di lain aspek intelektual dan spiritual.

Selama setengah hari tujuh belas anak panti asuhan secara antusias mengikuti rangkaian acara. Sisanya, tiga belas anak berhalangan hadir dikarenakan kegiatan wajib di sekolah. Meski begitu, Bakti Sosial berjalan dengan begitu menyenangkan. Beberapa kali jargon kegiatan Bakti Sosial “Sharing and Caring” digaungkan. Turut hadir UKM Pramuka dan Unit Aktivitas (UA) KSR Program Pelaksana 3 (PP3). Sebagai bekal dalam keseharian, UA KSR memberi materi mengenai perawatan keluarga. Anak-anak kemudian diajak membersihkan halaman panti asuhan dan merapikan beragam tanaman yang ada. Selanjutnya, kegiatan dimeriahkan dengan Lomba Tartil dan Dai yang diikuti oleh setiap anak sesuai minatnya. Adit, salah satu anak asuh yang masih duduk di kelas rendah sekolah dasar dengan semangat turut mengikuti lomba Dai yang diselenggarakan.

Walau kegiatan berlangsung hingga siang hari, anak-anak begitu antusias mengikuti acara. Panas yang terik tidak mengurangi antusiasme mereka saat bernyanyi dan bermain games estafet balon dan tali. Di penghujung acara, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata, bantuan sekaligus bingkisan kepada pihak panti asuhan dan anak-anak.

 “Alhamdulillah kegiatan Bakti Sosial Qurani berjalan dengan lancar, sukses dan mendapat dukungan dari banyak pihak,” syukur Nahdhiah. Lebih lanjut, Nahdhiah menerangkan bahwa Bakti Sosial tahun ini bukan merupakan yang pertama kali. Ke depannya, mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar tersebut berharap kegiatan Bakti Sosial Qurani dapat terselenggara lebih baik lagi.

Pewarta           : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM