image_pdf

Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) selenggarakan webinar dengan tajuk “Cara Menjadi Pemenang di Mata HRD” pada Sabtu (23/07/2022). Webinar tersebut merupakan kolaborasi bersama salah satu platform belajar online QuBisa yang juga merupakan rangkaian edisi Qubisa Goes to Campus. Acara dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan 2 narasumber dari perusahaan yang berbeda. Tujuannya adalah untuk memberikan kiat-kiat yang dapat membantu para pencari kerja mendapatkan kesan pertama yang baik di mata seorang HRD.

Webinar diawali dengan pembukaan dari Sekjen IKA UM, Dra. Fatmawati. Pada kesempatan tersebut, Sekjen IKA mengungkapkan latar belakang yang menjadi alasan diangkatnya tema webinar kali ini. Sekaligus juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara IKA UM dengan QuBisa yang dapat melaksanakan webinar. “Mendapatkan pekerjaan memang bukan perkara yang mudah. Sebagai lulusan sebuah institusi pendidikan, baik dari perguruan tinggi maupun sekolah akhir sederajat. Mengandalkan ijazah dan gelar yang tinggis saja untuk bersaing di dunia kerja tidaklah cukup. Dibutuhkan kemampuan diri pendukung lainnya untuk menarik perhatian recruiter dan membantu anda bertahan di tengah persaingan. Setiap perusahaan juga pasti menginginkan karyawan terbaik yang memenuhi dan meningkatkan kinerja perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor,” ujar Dra. Fatmawati.

“Pada bagian HRD khususnya rekrutmen, seorang professional recruiter dituntut untuk melakukan proses seleksi yang efektif, terutama saat wawancara. Dengan waktu yang terbatas HRD ditantang untuk dapat mengenal kandidat tersebut dan memutuskan apakah diterima atau tidak. Di sinilah peran penting membuat kesan pertama yang baik ke recruiter. Baik dilakukan secara offline maupun online. Hal ini nantinya akan dibahas secara detail oleh narasumber agar saudara menjadi pemenang di mata HRD. Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada QuBisa yang kesekian kalinya atas kerja sama yang sangat baik dalam rangka meningkatkan kompetensi alumni UM pada khususnya dan generasi muda pada umumnya,” pungkas Sekjen IKA. 

Setelah rangkaian sambutan, agenda selanjutnya adalah penyampaian success story dari alumni Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM yakni Fajar Satrio Bangun Wibowo, S.Pd., yang saat ini tengah menduduki posisi sebagai Manager Cahaya Timur Tour Transport. Kemudian acara dilanjutkan oleh penyampaian materi dari Yogiswaradhipa Sedyanto Putro, S.Psi., selaku People Acquisition and Onboarding Lead at ATTN

Di penghujung acara terdapat juga sesi tanya jawab oleh peserta. Beragam pertanyaan dilontarkan baik seputar dunia HRD maupun cerita sukses yang ditujukan kepada para narasumber menunjukkan antusias tinggi dari peserta.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM