image_pdf
Tim Soskam UM di SMKN PURWOSARI

Bojonegoro. Sebagai salah satu kebanggan menjadi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk sosialisasi kampus (soskam) yang dilakukan oleh beberapa organisasi daerah (orda) di UM. Salah satu orda yang menjadikan soskam sebagai program kerjanya adalah Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (Himabo UM). Soskam ini dapat dikatakan sebagai branding UM karena juga termasuk mempromosikan dan memperkenalkan UM di sekolah-sekolah Bojonegoro.

Himabo UM menjadwalkan soskam dimulai dari tanggal 2-8 Januari 2020. Untuk efisiensi waktu, Himabo UM melakukan pembagian soskam sesuai dengan daerah yang dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah barat, wilayah tengah dan wilayah timur.

Sosialisasi di SMA 4 BOJONEGORO

Di minggu pertama masuk sekolah, Kamis-Sabtu (2-4/1) Himabo UM sudah melakukan soskam di 13 sekolah yang terbagi menjadi wilayah barat, tengah dan timur. Sekolah tersebut terdiri dari SMAN 4 Bojonegoro, SMKN 1 Bojonegoro, SMAN 2 Bojonegoro, SMAN Model Terpadu Bojonegoro, SMAN Bubulan, SMAN 1 Padangan, SMAN 1 Balen, SMKN 1 Baureno, SMAN 1 Sumberrejo, SMKN 3 Bojonegoro, SMKN 1 Purwosari, dan MA Muhammadiyah Baureno.

Soskam tersebut masih akan berlanjut sampai dengan tanggal 8 januari. Tahun 2020, Himabo UM memasukkan proposal sebanyak 53 sekolah, namun yang di acc sekitar 43 sekolah. Sistem sosialisasi yang dilakukan juga berbeda dan mengikuti permintaan sekolah, ada permintaan di kelas-kelas dan terdapat juga permintaan dijadikan satu dalam aula sekolah.

Sosialisasi di MAM BAURENO

Novita Ratna Dewi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Angkatan 2018 selaku Ketua Pelaksana menjelaskan tentang soskam tersebut.

“Soskam sendiri merupakan agenda tahunan dan proker dari orda Himabo. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang dunia perkuliahan khususnya UM, selain itu juga memberikan motivasi para siswa-siswi untuk melanjutkan di perguruan tinggi” ujarnya.

Sosialisasi UM di SMAN BUBULAN

Lebih lanjut Novita juga mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan dalam soskam meliputi jalur masuk perguruan tinggi, fakultas dan program studi di UM, beasiswa, kehidupan perkuliahan di UM dan biaya hidup di Malang. Tidak hanya itu motivasi juga diperlukan dalam soskam untuk memberikan semangat untuk kelas XII agar melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM

Tim Dokumentasi Orda Himabo