image_pdf

Departemen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (DSI UM) gelar seminar bertajuk Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus sekaligus penayangan film Phantasmagoria pada Selasa (19/09/2023). Seminar ini bertempat di aula Utama Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 Lantai 9 UM.

Kegiatan ini turut menghadirkan 3 pembicara luar biasa, mereka adalah Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Negeri Malang, Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi., Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, Jamila Wijayanti, M.Pd., dan Sutradara Film Phantasmagoria Dr. Karkono, SS, MA.

Seminar dan Penayangan Film Phantasmagoria UM

Dimulai dengan tarian Nirmala persembahan Mahasiswa Departemen Sastra Indonesia, agenda acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pelecehan dan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Tak ketinggalan original soundtrack Film turut dibawakan oleh penyanyi aslinya, Nabilah Zahidah yang merupakan mahasiswa UM juga. 

Pada akhir sesi, penayangan film Phantasmagoria yang disambut hangat oleh peserta seminar, sutradara film menyatakan bahwa film ini merupakan salah satu luaran dari penelitian dosen UM. Film ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana pencegahan tindakan pelecehan dan kekerasan seksual utamanya di lingkungan kampus. 

“Film Phantasmagoria ini dibuat sebagai sarana kampanye pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, terutama di lingkungan kampus” tutur Sutradara Film yang juga dosen DSI UM, Dr. Karkono, SS, MA.

Film Phantasmagoria menghadirkan pemain dan kru dari sivitas akademika UM. Film Phantasmagoria menggambarkan mengenai samar batas antara yang tampak dan yang tersembunyi. Isu mengenai kesehatan mental, konflik keluarga, dan kekerasan seksual diangkat dalam film Phantasmagoria. 

Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize bagi yang mengabadikan kegiatan seminar serta membagikannya ke media sosial dengan viewers terbanyak. Tak hanya itu, hadiah juga diberikan bagi mereka yang berhasil menjawab pertanyaan terkait film Phantasmagoria serta materi seminar.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah