image_pdf

Malang. Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 seluruh civitas academica Universitas Negeri Malang (UM) mulai dari para Dosen PNS/Tetap Non PNS, para Tenaga Kependidikan PNS/PTT, para Fungsionaris Mahasiswa, dan para Mahasiswa mengikuti upacara bendera. Selain civitas UM dalam pelaksanaan upacara bendera ini juga diikuti oleh peserta dari instansi lain yang saat pelaksanaan berada di Kota Malang berjumlah 22 orang, diantaranya berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Mataram, Unmus Merauke, ISI Yogyakarta, BPP Jambi, Itjen Kemenristekdikti, Kementerian ESDM, Untirta Banten,

Penyelenggaraan upacara ini dilangsungkan pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 mulai pukul 07.15 WIB bertempat di Lapangan Graha Rektorat UM, Jl Semarang 5 Malang, dengan mengambil tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. Upacara yang baru petama kali diselenggarakan oleh UM ini menghadirkan inovasi baru yang dilakukan oleh Bagian Kepegawaian, dimana rekap kehadiran upacara secara elektronik menggunakan Finger Print Scanner.

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila sangat penting dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya civitas UM.

“Pancasila terbukti mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa, sehingga dapat hidup berdampingan secara harmonis dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita bersyukur, keragaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada sejak masa pra aksara hingga era 4.0 ini tidak membuat kita bercerai-berai. Justru sebaliknya, kebhinnekaan itu menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”. Fakta tersebut harus membuat kita semua sadar dan bangga,”ujarnya.

“Berangkat dari keinsyafan tersebut, dengan percaya diri, marilah kita menyatakan secara lantang bersama-sama, “Kami Indonesia, kami Pancasila”—yang ditetapkan menjadi tema sentral upacara peringatan hari kelahiran Pancasila tahun 2019 ini. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan pandangan hidup yang digali oleh para bapak pendiri bangsa (founding fathers) merupakan sebuah karunia dan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa,”terangnya.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila, kita harus akui bahwa eksistensi Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara, yang masih terjaga dan terpelihara hingga kini itu, berkat Pancasila. Oleh karena itu, sungguh ironis, jika masih ada anak bangsa ini yang mencari ideologi alternatif guna menggantikan Pancasila. Bangsa Indonesia tidak butuh ideologi alternatif, sebab Indonesia dengan Pancasilanya justru mampu menjadi model dan teladan bagi bangsa-bangsa lain dalam merumuskan dan membangun identitas nasional (national identity)-nya,”Jelasnya.

Lebih lanjut guru besar Jurusan Sastra Indonesia FS UM ini menyampaikan sesuai dengan amanat Pemerintah Republik Indonesia, memperingati dan merayakan kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu kewajiban dan keniscayaan.

“Beberapa alasan diwajibkannya perayaan kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni ini adalah untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai kearifan-fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah, kita menyelenggarakan peringatan hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),”lanjutnya.

“Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita ingin membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “eitstars dinamis” (bintang penuntun) mengandung orientasi, arah perjuangan, dan pembangunan bangsa ke depan. Dalam kehidupan kampus, nilai-nilai luhur Pancasila juga harus membimbing kita mengarungi pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. Kita semua harus belajar dan bekerja keras, cerdas, dan ikhlas sebagai wujud pengejawantahan lima sila Pancasila (yang bertumpu pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan). Marilah kita dedikasikan seluruh tenaga dan pikiran kita untuk kemajuan bangsa dan negara, serta kampus UM tercinta ini. Sebab, kita adalah Indonesia, dan kita adalah Pancasila,”harapnya.

Diakhir amanat Prof. Rofi’uddin menyampaikan terima kasih dan peng¬hargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, dosen, tenaga ke¬pen¬di¬dik¬an, mahasiswa, dan civitas UM lainnya yang telah menunjukkan ko¬mitmen dan dedikasi tinggi dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dan dalam berkhidmat mem¬be¬sarkan UM, khususnya dalam mendongkrak peringkat UM dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi.

Ucapan terima kasih setulus-tulusnya juga disampaikan kepada panitia pelaksana, dan seluruh hadirin yang telah rela dan ikhlas menunda rencana mudiknya ke kampung halaman demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai ASN.

Salah seorang peserta upacara bernama I Ketut Ardana dari FSP – ISI Yogyakarta menyatakan bahwa penyelenggaraan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang wajib diikuti oleh seluruh ASN ini secara otomatis akan meningkatkan pengabdian, patriotisme pada bangsa dan negara. “Adanya kebijakan dari pemerintah bahwa upacara ini dapat diikuti ditempat tujuan mudik menjadi hal yang istimewa dan mempermudah kami, karena selain tetap dapat memperingati hari lahir pancasila, sekaligus bisa mudik hari raya Idul Fitri dan bertemu saudara kita dikampung,”ujarnya dengan perasaan senang.

Senada dengan Pak Ardana, peserta upacara lain bernama Betty Dewi Puspasari, S.Kom. dari LL Dikti 17 STT Atlas Nusantara Malang menyatakan perasaan gembiranya dapat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila di UM. “Alhamdulillah hari ini saya ikut upacara tidak harus ke Surabaya. Kebijakan pemerintah yang membolehkan mengikuti upacara dimanapun ini sangat membantu saya, sehingga saya tidak harus bersusah-susah mengikuti upacara di Surabaya,”terangnya.

Kunjungi Galeri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Humas UM

Website : um.ac.id
Email : humas@um.ac.id
Facebook : fb.me/informasi.UM
Twiter : @UM_1954
Youtube : UniversitasNegeriMalangOfficial
Instagram : @universitasnegerimalang