image_pdf

Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan webinar bertajuk “Peran Matematika dalam Dunia Industri Keuangan di Era Society 5.0”. Webinar terselenggara secara daring melalui zoom meeting pada Rabu (13/7/2022) dengan diikuti oleh sekitar 450 peserta berasal dari mahasiswa dan dosen seluruh Indonesia.

Dr. Tomi Listiawan, S.Si., M.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwasanya pelaksanaan webinar ini sebagai upaya dari Departemen Matematika FMIPA UM untuk memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Khususnya matematika yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan sehari-hari termasuk dalam pengelolaan keuangan.

“Pada dasarnya penguasaan matematika diperlukan untuk pengelolaan keuangan baik dalam skala mikro maupun makro. Terlebih perkembangan teknologi yang pesat, peranan matematika sangat besar dalam memahami fenomena baru yang terlahir dari kebutuhan IPTEK dan digital ekonomi luas,” jelas Dr. Tomi.

Wakil Dekan III FMIPA UM, Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si., membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan acara ini sangat menarik sehingga harapannya seluruh sivitas akademik dari Departemen Matematika dapat mengikutinya dengan sebaik-baiknya agar memberikan manfaat. “Diadakannya acara ini dapat meningkatkan kualitas akademisi khususnya di Departemen Matematika sehingga akan memiliki kemampuan bersaing ketika sudah lulus nanti. Selain itu, kegiatan ini dapat digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan Departemen Matematika UM pada dunia luar,” ungkapnya.

Wakil Dekan III FMIPA UM, Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ocke Kurniadi, M.Si, FSAI, AAAIJ., selaku Deputi Direksi Bidang Aktuaria BPJS Kesehatan. Beliau membawakan materi “Aktuaria Asuransi Sosial dan Jaminan Kesehatan Sosial Kesehatan”.  Materi yang disampaikan tentunya sangat sesuai dengan  pemateri yang memiliki latar belakang  dari matematika. Selain itu, beliau sudah berpengalaman lebih dari 27 tahun dalam dunia industri asuransi dan mempunyai beberapa kualifikasi yang mumpuni.

“Sebetulnya, aktuaria adalah aplikasi dari matematika, statistika, dan keuangan. Inti dari aktuaria adalah prediksi. Mengapa aktuaria atau matematika sangat diperlukan? Karena akan memprediksi resiko dan tentunya resiko akan selalu ada. Model prediksi ini sangat berguna untuk memahami situasi yang mungkin terjadi dan mempersiapkan mitigasi resikonya,” papar Ocke Kurniadi, M.Si, FSAI, AAAIJ.

Acara berlangsung secara interaktif dengan dimoderatori oleh Azizah, S.Pd., M.Si., selaku Dosen Departemen Matematika FMIPA UM. Di akhir acara, terdapat sesi tanya jawab sehingga peserta webinar dapat menggali lebih dalam terkait materi yang telah disampaikan.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM