image_pdf

Materi Pertama di sampaikan oleh Achmad Dicky Setyawan

Malang. Guna meningkatkan produktivitas serta kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2020 tetap melaksanakan pengabdian yang bersumber dari PNBP UM. Senin (31/8) Tim Pengabdian PNBP Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM yang diketuai oleh Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd., M.Pd telah melaksanakan pengabdian berupa Pelatihan Virtual Implementasi Aplikasi “JESIAMAR” di SMK Negeri 2 Singosari. Kegiatan yang berlangsung mulai jam 14.00-16.00 WIB dilaksanakan melalui Google Meet dan diikuti oleh peserta didik kelas X Jurusan Multimedia dan X Jurusan Elektronika Industri.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pengabdian, yang terdiri dari prakegiatan, kegiatan inti dan pascakegiatan. Kegiatan inti yang berupa pelatihan secara virtual ini dimulai dari pembukaan moderator oleh Hannah Amirah Utomo yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Tim Pengabdian PNBP LP2M UM Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd., M.Pd. Dilanjut dengan kegiatan inti yaitu pemaparan materi.

Pelatihan Virtual Implementasi Aplikasi JESIAMAR dilakukan melalui GoogleMeet

Materi pertama disampaikan oleh Achmad Dicky Setyawan selaku tim anggota yang menjelaskan konten materi dari aplikasi JESIAMAR yaitu “Situs Air Watugede dan Sumberawan sebagai Sumber Belajar Sejarah”. Materi kedua disampaikan oleh Aghnia Muzammilul Maghfiroh yang membawakan materi “Tata Cara Penggunaan Aplikasi JESIAMAR” dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam kegiatan pelatihan ini melalui berbagai pertanyaan yang diajukanya baik terkait situs sejarah air maupun cara pengoreasian aplikasinya.

Dalam sambutannya, Tim Pengabdian PNBP LP2M UM yang diketuai oleh Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd., M.Pd memberikan penjelasan terkait aplikasi ini.

“Aplikasi JESIAMAR merupakan aplikasi pembelajaran sejarah yang memuat materi situs-situs air di Malang Raya. Aplikasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah untuk menambah wawasan dan memperkaya materi sejarah di Malang Raya dengan memunculkan muatan analisis historis, nilai kearifan yang ada dalam situs serta upaya pelestarian situs” ujarnya.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi JESIAMAR di Lab Museologi

Lebih lanjut, Wahyu Djoko juga berharap agar aplikasi ini dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pembelajaran sejarah serta aplikasi ini dapat memicu untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar sejarah. Pelatihan  ini merupakan tindak lanjut dari yang dibiayai dari dana PNBP Universitas Negeri Malang Tahun 2020.

Pewarta : Riki Pratama- Internship Humas UM