image_pdf

Malang. Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) adakan Seminar Nasional Interpretasi Nilai-Nilai Ekonomi Pancasila bagi NKRI Berdaulat di Era Digitalisasi. Seminar ini diselenggarakan secara daring pada Selasa (30/03) melalui platform video conference Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube, ‘DOLEN – Doing & Learning With FE UM’.

Seminar Nasional ini menghadirkan pemateri-pemateri yang luar biasa, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd selaku Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dr. Timbul H. Simajuntak, S.E., M.A., selaku Yayasan Bung Karno, Ir. Herlina Sulistyorini, M.Si selaku Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa tertinggal dan Transmigrasi, dan Prof. Dr. Wahjoedi, M.E selaku Guru Besar FE UM.

Ir. Herlina Sulistyorini, M.Si selaku Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa tertinggal dan Transmigrasi saat menyampaikan materi

Seminar ini merupakan kegiatan awal dalam inisiasi terbentuknya mata kuliah Ekonomi Pancasila di FE UM. Kegiatan ini juga sebagai forum bertukar pikiran, antara Praktisi yang sudah berkecimpung di dunia Ekonomi Pancasila, Dosen, Mahasiswa dan Masyarakat umum. Membawa 9 area bidang pembahasan yang terdiri dari Pariwisata dan Ekonomi kerakyatan, Pengembangan Ekonomi Lokal, Aplikasi Ekonomi Kerakyatan di Era 4.0, Koperasi Digital, Penguatan Ekonomi Pancasila, Pembelajaran Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Pancasila sebagai Penguat Kesejahteraan Sosial, Demokrasi Ekonomi dan Pembelajaran Ekonomi Koperasi Berkarakter Pancasila, seminar ini berhasil memikat 250 partisipan.

Prof. Dr. Wahjoedi, M.E selaku Guru Besar FE UM saat menyampaikan materi

Dr. Agus Hermawan selaku Wakil Dekan I FE UM dalam sambuatnnya menyampaikan, “Tema yang diangkat merupakan tema yang sangat diidamkan pendiri bangsa kita, karena nilai Pancasila tidak hanya Ekonomi. Pancasila menyangkut Kebudayaan, politik, sehingga diharapka penerus bangsa bisa meneruskan nilai yang ada sehingga nantinya tidak menimbulkan perpecahan.”

Dr. Agus Hermawan selaku Wakil Dekan I FE UM

Lebih lanjut Dr. Agus Hermawan menyampaikan bahwa Ekonomi Pancasila harus di terapkan berbasis pada kerakyatan dan tidak meninggalkan nilai-nilai perilaku di Indonesia. Karena pada saat ini banyak bermunculan Ideologi lain, baik itu secara ekstrem liberal dan ekstrem sosialis.

Selanjutnya Dr. Agus Hermawan membuka kegiatan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dan ditutup dengan tanya jawab.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM