image_pdf
Sosialisasi PPG Secara Daring

Malang. Senin (24/08) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Angkatan III tahun 2020 secara penuh daring. Acara yang diadakan via Zoom ini, dihadiri oleh direktur Pascasarjana UM Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudianto Wahju Wardhana, M. A., M.Si., Rektor UM Prof. H. AH. Rofi’uddin, M. Pd, para dosen, para instruktur, dan 477  peserta PPG yang tersebar dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof. H. AH. Rofi’uddin, M. Pd menyampaikan bahwa para pendidik memiliki peran penting dalam menentukan mutu Pendidikan suatu daerah. “karena sebaik apapun kurikulum, sebaik apapun materi yang telah disiapkan, kalua tidak ditangani oleh guru yang bagus dan hebat maka keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini, sulit untuk diraih” jelasnya.  

Penyampaian Materi PPG Daring

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian PPG dengan sempurna sebagai salah satu sarana menjadi guru yang professional. “jadi mulai hari ini (24/08) sampai tanggal 6 desember mendatang, bapak ibu harus bersiap diri dalam mengikuti seluruh rangkaian mulai dari pendalaman materi hingga diakhiri dengan uji kompetensi diri”. Sehingga, lanjutnya, bapak ibu sekalian paham betul bagaimana peran dan apa yang harus dilakukan para guru di Indonesia.

Penyampaian Materi PPG Daring

Sementara itu, Penanggung jawab PPG Dr. Makbul Muksar, S. Pd, M.Si menyampaikan bahwa PPG tahun ini  adalah PPG yang spesial. Pasalnya, PPG tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara tatap muka dan daring, tahun ini daring secara penuh. “hal itu sejalan dengan kondisi pembelajaran murid-murid kita di masa pandemi Covid-19 ini yang belajar dari rumah, tentunya peran guru tidak boleh hilang, tetapi ada peran lain yang dibebankan kepada orang tua dirumah, disinilah kita memahami bahwa peran guru itu sangat penting, dan saatnya menghargai pengorbanan bapak ibu guru” ungkapnya. 

Pewarta                       : Arya Wahyu Pratama                        — Internship Humas UM