image_pdf

Volcano Debate Competition (VDC) merupakan lomba debat Mahasiswa tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Geografi “VOLCANO” Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi, sekaligus mewadahi kreativitas serta pemikiran kritis mahasiswa dalam menghadapi permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia. Kegiatan VDC 2022 ini dilaksanakan secara online via Zoom meeting yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 06 – 07 Agustus 2022 dengan asaran peserta dari lomba ini yaitu mahasiswa se-Indonesia.

Dalam lomba ini terdapat 4 babak seleksi, yaitu babak pra-eliminasi, babak semi-final, babak final, dan perebutan juara 3 besar. Dalam VDC2022 kali ini mengusung tema “Aktualisasi Pemikiran Kritis Mahasiswa Terhadap Permasalahan Lingkungan”. Alasan pengambilan tema tersebut karena kami ingin lomba ini menjadi wadah untuk menyalurkan bentuk wujud nyata pemikiran kritis mahasiswa dalam menghadapi permasalahan lingkungan di Indonesia yang terjadi saat ini, serta diharapkan seluruh mahasiswa sebagai intelek muda penerus bangsa, dapat memiliki kepekaan terhadap permasalahan lingkungan dan berkontribusi dalam penanggulangannya.

Babak Pra-eliminasi diselenggarakan pada hari pertama lomba (06/08/22), pada babak ini terdapat 11 tim, dimana 11 tim tersebut dibagi menjadi beberapa breakout room, setiap breakout room berisikan 2 tim yang saling beradu argumen , juri, dan panitia yang bertugas. Pada babak ini terdapat 3 kali putaran match dimana setiap match menggunakan mosi yang berbeda, dan untuk mosi pada babak ini menggunakan jenis mosi terbuka. Babak ini berakhir dengan 4 tim yang memperoleh skor terbaik di babak ini dan dinyatakan lolos ke babak semi-final.

Babak selanjutnya yaitu babak semifinal yang diselenggarakan di hari kedua lomba (07/08/22). Pada babak ini terdapat 4 tim terbaik dari babak pra-eliminasi, yaitu; tim CMD, tim Bismillah berkah, tim Mantap, dan terakhir tim Diamond. Sama halnya dengan babak pra-eliminasi, keempat tim tersebut akan dibagi menjadi beberapa breakout room, yang membedakan babak ini dengan babak sebelumnya yaitu di babak ini hanya dilakukan 1 kali putaran match dan menggunakan jenis mosi tertutup. Setelah pertandingan berlangsung, juri memutuskan tim CMD, dan juga tim Bismillah berkah yang berhak lanjut ke babak final, dan tim yang tidak lanjut ke babak final akan memperebutkan juara 3.

Babak final juga dilakukan dihari yang sama, setelah ke 2 tim finalis tadi beradu argumen, juri yang di ketuai oleh debater profesional yaitu Erfan Kriswanto Memutuskan bahwasanya juara 1 dimenangkan oleh tim CMD dari Universitas Airlangga, juara 2 dimenangkan oleh tim Bismillah berkah dari Universitas Mulawarman, dan juara 3 dimenangkan oleh tim Diamond dari Universitas Ibrahimy. Serta best speaker dimenangkan oleh Suriyani dari Tim Bismillah berkah, dimana untuk kategori best speaker didapat dari hasil akumulasi nilai individu di babak pra-elim.

Ditemui untuk wawancara, Ketua VDC 2022, Oktaviano, menyampaikan beberapa harapan untuk acara ini. “Output yang diharapkan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kreativitas, kepekaan dan melatih mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap permasalahan lingkungan yang sedang terjadi di Indonesia, melalui kompetisi debat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam usaha pengembangan sumber daya manusia kedepannya. Sebagai generasi muda dan generasi bangsa kita harus membuat perubahan untuk bangsa Indonesia,” pungkas Vian.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.