image_pdf

Sesi buka bersama

Malang. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Hal tersebut dikarenakan bahasa Arab yang memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dibandingkan bahasa lainnya mulai dari ketepatan pengucapan Makhraj hurufnya hingga perubahan katanya. Oleh karena itu dibutuhkan konsistensi dalam belajar bahasa arab. Namun realitanya terkadang semangat belajar tersebut meningkat, tak jarang pula menurun.

Melalui salah satu program kerjanya, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) memberikan motivasi dan tips-tips belajar bahasa Arab kepada anak-anak di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Malang. Acara tersebut adalah rangkaian dari kegiatan SEBUL (Sedekah Bulan Ramadhan) yang dilaksanakan pada hari Sabtu (24/04) dengan tema “menyambut bulan suci, dengan indahnya berbagi”.

Penyampaian materi bahasa arab

Kegiatan dimulai usai melaksanakan salat Ashar berjamaah, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Setelah itu para santri dikumpulkan didalam masjid untuk menyimak paparan motivasi mengapa harus mempelajari bahasa Arab. Acara dilanjutkan dengan pembelajaran bahasa arab tingkat dasar. Sekitar 40 santri yang hadir hari itu dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan jenjang prndidikan yaitu SD, SMP dan SMA. Para santri tanpak antusias mendengarkan materi demi materi. Ditambah dengan adanya lagu-lagu bahasa arab, seisi masjid menggema dengan nyanyian para santri. Hingga tak terasa waktu berbuka hampir tiba. Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan buka bersama.

Ketua Pelaksana Wahidiyat Nur Laduni mengungkapkan bahawa SEBUL merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan HMJ Sastra Arab UM di Bulan Ramadhan. Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, adalah untuk meningkatkan kepekaan sosial anggota HMJ dan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat. “kalau tahun-tahun sebelumnya hanya dengan bagi-bagi takjil, tahun ini kami hadir dengan konsep berbeda yaitu dengan pelatihan bahasa arab dasar dan buka bersama yatim piatu, agar kegiatan ini semain bermakna” ujarnya.

Foto bersama

Sementara itu, Ust. Dasuki Pimpinan Panti Asuhan berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti disini. Ia berharap HMJ Sastra Arab UM bisa bekerjasama dengan pihak panti Asuhan untuk mengembangkan program bahasa arab. “Masyaallah ini kegiatan yang luar biasa, dan kebetulan sekali kami sedang membutuhkan tenaga untuk mengembangkan program bahasa arab disini, karena selama ini kadang programnya berjalan kadang juga tidak, oleh karena itu saya berharap teman-teman HMJ bisa bergabung disini untuk mengembangkan program bahasa arab” harapnya

Pewarta: Arya Wahyu Pratama -Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab UM).