image_pdf
Para Keynote Speaker

Malang. The 2nd International Conference on Social, Applied Science, and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2019) sukses digelar pada Jumat (11/10) berlokasi di Ijen Suits Malang dengan mengangkat tema Creativity and Innovation on Home Economics towards 4.0 Industrial Revolution. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) sebagai penyelenggara mengundang 4 keynote speakers yang berasal dari empat negara Asia yakni Taiwan, Malaysia, Brunei dan Indonesia.

“Sekitar 70 penulis dan ratusan partisipan akan saling bertukar fikiran mengenai inovasi, konsep terbaru, metode-metode, issue terkini dan penelitian mengenai Home Industry di seluruh dunia. Kegiatan ini menyediakan wadah untuk menjalin relasi antara peneliti, akademia dengan industri. Kami berharap IconHomecs ini dapat memberikan dampak positif bagi setiap pihak yang turut andil dalam kegiatan ini,” ujar ketua pelaksana IconHomecs, Budi Wibowotomo.

Para Keynote Speaker berfoto bersama dengan jajaran pimpinan UM

Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., selaku wakil Rektor I UM membuka secara resmi kegiatan tersebut. Ia menyinggung mengenai topik-topik yang akan dibahas diantaranya adalah budaya, kuliner, halal food, seni, desain dan semua hal yang berhubungan dengan industri rumah tangga. “Banyak negara termasuk Indonesia kini peduli terhadap perkembangan halal industry. Malaysia sudah mendirikan pusat halal industry tersebut. Ia bisa menjadi tujuan bagi kita jika ingin mempelajari lebih lanjut. Terkait inovasi mengenai kuliner, seni dan desain nanti akan disampaikan oleh para presenter dalam paralel session,” tambahnya.

Dr. Hsiu-Ching Laura Hsieh, pembicara pertama berasal dari Department of Creative Design, National Yulil University of Science and Technology, Taiwan. Bermacam-macam produk industri rumah tangga dengan desain yang telah menerima penghargaan di Reddot Award maupun iF Design Talent Award ditampilkan olehnya. Sedangkan pembicara kedua, Prof. Madya Hashim Fadzil Arifin menyinggung mengenai bagaimana kita bisa bersinergi dalam revolusi industri 4.0 dan university 4.0. Pemateri selanjutnya berasal dari SEAMEO Voctech, Brunei Darussalam yakni Dr.h.c. Paryono M.Sc., Ph.D. Lalu pemateri terakhir berasal dari Universitas Negeri Malang Indonesia yakni Ir. Budi Wibowotomo, M.Si., Ph.D.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kautsar S. – Humas UM