image_pdf

Ketua Pelaksana ICOVET 2020

Malang. Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar The 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET) 2020 pada Sabtu (19/09) via Video Conference, Zoom Application. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah Green Education and smart engineering for TVET Advancement.

Terdapat lima pembicara utama diantaranya adalah Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.SOC., SC. (Ministry of the state secretary of the Republik Indonesia), Prof. Andrew Nafalski, Ph.D., D.SC., (Professor at University of South Australia), Dr. Yuni Rahmawati, S.T. M.T, (Lecturer at Universitas Negeri Malang), Prof. Tsukasa Hirashima, Ph.D. (Professor at Hiroshima University), dan Dr. hc. Paryono,  M.Sc. Ph.D (Deputy director and research manager at SEAMO VOCTECH, Brunei).

Keynote speaker, Menteri Sekretariat Negara

“Lebih dari 100 artikel ilmiah terseleksi, dan paper dengan kualitas yang baik akan dipresentasikan di konferensi ini. Peneliti yang turut berpartisipasi berasal dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Colombia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Kegiatan ini adalah tempat yang tepat bagi kita untuk menambah pengetahuan dan melakukan diskusi agar pendidikan dan teknologi menjadi lebih baik lagi untuk peningkatan pengembangan Technical, Vocational Education, and Training (TVET) kedepannya,” jelas Dr. Eng ANik Nur Handayani, S.T., M.T., sebagai ketua pelaksana ICOVET 2020.

Master of Ceremony of ICOVET 2020

Konferensi internasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I bidang Akademik, Universitas Negeri Malang yakni Prof. Dr. Budi Eko Sucipto, M.Ed., M.Si. “Melalui konferensi ini, diharapkan kita dapat bertemu dengan para peneliti atau pakar dalam bidang pendidikan vokasi di kancah internasional, bagaimana kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk pendidikan vokasi melalui inovasi dalam pembelajaran, teknologi, dan kebijakan,” ujarnya.

Professor dari Hiroshima University, Jepang

Beberpa hal yang disampaikan oleh para pembicara kunci berkaitan erat dengan tema, diantara judul judulnya adalah (1) IT tools in ONLINE Teaching Including Remote Laboratories, (2) Contingency, resiliency, and sustainability: Preparing human resource to face renewable energy job market for vocational high school in indonesia; (3) Design of Technology enhanced learning based on emphatic understanding; (4) Strategies for advancing TVET in the era of digitalisation.

Pewarta     : Ulya Aziza Fitriya – Internhsip Humas UM