image_pdf

Malang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) kembali menggelar konferensi internasional, hal tersebut bertujuan sebagai wadah para peneliti untuk saling berbagi pengalaman dan penemuannya. Diselenggarakan di Hotel Aria Gajayana Malang pada Kamis (22/8), 1st International Scientific Meeting on Public Health and Sports (ISMoPHS) 2019 dibuka oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. selaku Wakil Rektor I UM. Konferensi berskala internasional ini dihadiri oleh pembicara dan puluhan praktisi, dosen, dan mahasiswa baik nasional maupun internasional seperti Thailand, Malaysia, Australia, Inggris, dan Mesir.

Mengambil tema “Strategic Investments in Health and Sports to Advance Sustainable Development Goals (SDGs)”, fokus utama konferensi ini tertuju pada upaya pengoptimalan program SDGs terutama mengenai kesehatan dan kesejahteraan melalui gagasan dan inovasi baru di bidang kesehatan dan keolahragaan. Selain itu, Dr. Sapto Adi, M.Kes selaku Dekan FIK juga mengungkapkan bahwa ISMoPHS 2019 merupakan salah satu upaya mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi,

Sejumlah 4 pembicara hadir dalam konferensi untuk memberikan dan saling berbagi penelitian yang telah dilakukan. Keempat pembicara tersebut yaitu Dr. Febi Dwirahmadi (Griffith School of Medicine, Australia), Prof. Low Wah Yun (University of Malaya, Malaysia), Dr. Nguyen Tra Giang (Bangkok Thonburi University, Thailand), Dr. Sapto Adi, M.Kes. (Universitas Negeri Malang, Indonesia). Dalam kesempatan ini, para pembicara menyampaikan topik penelitiannya mengenai pentingnya pendidikan seks dan peningkatan kesejahteraan bagi populasi yang rentan melalui layanan kesehatan yang layak.

Melalui sambutannya, Wakil Rektor I UM juga mengatakan hal yang serupa bahwa dengan diadakannya konferensi ini dapat menjadi langkah strategis untuk memperoleh pemahaman dan langkah baru, “Melalui forum ini seluruh tim yang hadir dapat mewujdukan program SDGs menuju program yang ideal. Semoga semua yang hadir disini dapat memperoleh manfaat dari seminar dan presentasi serta memperluas jaringan sosial,” ungkap Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. Dalam konferensi ini, Wakil Rektor I UM juga menambahkan akan harapannya dapat terus berkolaborasi dengan para pembicara untuk terus meningkatkan penelitiannya di UM.

Pewarta: Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM