image_pdf

Malang.  Masih dalam balutan bulan Syawal, keluarga besar Nahdliyin Universitas Negeri Malang (UM) bertemu dan berkumpul dalam acara halal bihalal yang dilaksanakan di Sasana Budaya UM, Jumat (28/06). Civitas akedemika UM yang termasuk dalam warga nahdliyin, acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh Wakil Ro’is Suriyah MWC NU Blimbing, KH. Saifudin Zuhri selaku pengisi mauidhoh hasanah dan DPR RI, Dra. Hj. Lathifah Shohib.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd selaku Rektor UM membuka halal bihalal tersebut dengan kalimah permohonan maaf, pelebur dosa sesama manusia.

“Taqobballohu minna waminkum, fataqobbal yaa kariim. Minal aidzin wal faidzin, Mohon maaf atas semua kekhilafan, kesalahan dari saya dan pimpinan UM,” ujarnya. Selain Rektor, majlis ini dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr. Mu’arfin dan Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal.  

Sesuai tradisi umat Nahdliyin, acara halal bihalal pun dimulai dengan pembacaan tahlil bersama, mengirimkan do’a kepada saudara, handai taulan terutama civitas UM yang telah menghadap Tuhan Yang Maha Esa lebih dahulu. Selanjutnya, KH. Saifudin Zuhri memberikan wejangan mengenai esensi terselenggaranya halal bihalal dan keutuhan umat Islam di wilayah Indonesia ini. Ia menjelaskan bahwa pentingnya diadakan halal bihalal adalah untuk bersilaturrahmi, karena memutus hubungan itu tidak baik. Selain itu, juga merupakan ajang untuk saling berkenal-kenalan sesama warga nahdliyin di UM.

Ia juga menambahkan mengenai kesatuan NKRI, bahwa mempererat tali silaturrahmi tak hanya dengan umat seagama tetapi juga umat setanah air. Pentingnya Bhinneka Tunggal Ika untuk diterapkan demi persatuan Indonesia.

“Bersaudara dalam perbedaan. Rukun dalam perbedaan. Persatuan dan kesatuan untuk perdamaian,” tambahnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM