image_pdf

Malang. Kegiatan kepalangmerahan “Jayapalmera (Jumpa Karya Palang Merah Remaja) X” tingkat PMR Wira se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Negeri Malang (UM) resmi ditutup pada Minggu (04/08) di halaman Graha Rektorat UM. Juara Umum Jayapalmera dimenangkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kediri.

“Kita telah menjalin silaturrahmi dengan terselenggaranya event besar ini, silaturrahmi antar aktivis kemanusiaan. Saling bertukar fikiran dan pengalaman mengenai kepalangmerahan. Semoga  kemampuan yang kalian miliki akan berguna bagi kemaslahatan umat manusia,” pesan Ahmad Muam, S.Pd., selaku pembina upacara penutupan Jayapalmera.

Masing-masing lomba ditentukan Juara 1 hingga Juara harapan 3. Terdapat 4 perlombaan yang termasuk dalam lingkup non travelling, diantaranya adalah Olympiade, Gebyar seni, foto contest,  dan melukis kaos. Peraih juara 1 untuk Olympiade Kepalangmerahan adalah SMKN 2 Kediri, sedangkan untuk Gebyar seni peraih juara 1 adalah SMKN 1 Grati. Peraih Juara 1 untuk foto contest adalah SMKN 2 Blitar. Sedangkan untuk Melukis kaos dimenangkan oleh SMAN 4 Probolinggo.

Dalam lingkup travelling terdapat 4 cabang lomba diantaranya Pertolongan Pertama, Sanitasi Kesehatan, Kesiapsiagaan Bencana, dan Pendidikan Remaja Sebaya.

“Peraih juara 1 Pertolongan Pertama adalah SMAN 1 Kepanjen. Sanitasi Kesehatan dimenangkan oleh SMAN 1 Talun. Peraih Juara 1 Kesiapsiagaan Bencana adalah MAN 1 Kota Malang. Kemudian untuk Pendidikan Remaja Sebaya dimenangkan oleh SMAN 1 Kepanjen,” ujar Imam Gunawan selaku pendamping UKM KSR PMI UM.

Winda Noviana, salah satu anggota peraih Juara umum merasa terharu akan kemenangan sekolahnya. “Kami berlatih tidak hanya senang saja, tetapi juga sering merasakan susah. Kami melewatinya bersama-sama, tidak menyangka bisa menjadi juara umum karena ini pertama kalinya kami mengikuti Jayapalmera. Terimakasih UKM KSR PMI UM,” kesannya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya –  Internship Humas UM