image_pdf

Malang. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Seminar Nasional Bahasa Arab (SEMNASBAMA) III dengan tema “Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab”. Seminar yang dihadiri oleh peserta yang merupakan mahasiswa Sastra Arab dari berbagai perguruan tinggi ini diselenggarakan pada Sabtu, (20/4) di Aula AVA gedung E6 lantai 2 FS UM.

Seminar yang diadakan rutin tiap tahun ini bertujuan untuk menyebarkan dan memberikan wawasan mengenai Bahasa Arab. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk menakar kemampuan mahasiswa khususnya mahasiswa UM sendiri berdasarkan makalah yang telah dibuat.

Terdapat tiga pemateri yang akan menerangkan tiap-tiap materi pada peserta. Pemateri pertama, Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd., selaku dosen Jurusan Sastra Arab UM. Pemateri kedua, Prof. Dr. Abdul Aziz Ibrahim Al-Osaili dari Arab Saudi. Dan pemateri ketiga, Dr. Emad Ahmad Alnabih dari Turki. Menariknya, pemateri ketiga ini menerangkan materinya kepada peserta secara online melalui sebuah aplikasi. “Ini menarik. Untuk pemateri ketiga yang dari Turki, materi akan diterangkan secara online melalui aplikasi. Nantinya pemateri dan peserta akan tetap bisa saling melihat dan berkomunikasi,” ungkap Sakina Zubaidi, selaku panitia acara.

Sakina juga mengungkapkan harapannya supaya kedepannya bisa lebih berkembang dan bisa mengalami peningkatan. “Harapan untuk acara ini kedepannya bisa lebih berkembang. Evaluasi kepanitiaan tahun ini bisa menjadi pelajaran untuk peningkatan di kedepannya. Yang terpenting, untuk Bahasa Arab sendiri harus lebih ditingkatkan kualitasnya dan kita harus memperluaskannya,” tuturnya.

Pewarta           : Diana Rahmawati Sutrisno – Internship Humas UM