image_pdf

Malang. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kuliah tamu sekaligus workshop menulis kreatif pada tahun 2019. Acara yang memiliki tema “Kewirausahaan Kreatif Berbasis Bahasa pada Era Milenial” diadakan pada Selasa (16/4) di Laboratorium Drama Gedung E6 lantai 2. Acara ini berkat kerjasama dengan penerbit Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS untuk melatih mahasiswa jurusan Sastra Indonesia dalam kreatif menulis.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Jurusan Sastra Indonesia Dr. Martutik, M. Pd. Yang memberikan motivasi kepada mahasiswa angkatan 2016 terpilih. Pemateri dalam workshop ini adalah Istiqomah, S.Pd., M.Pd. dari Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS di Kota Batu, Kun Anti dan Alfiah Nurul alumni Sastra Indonesia UM yang juga sukses menjadi editor.

Istiqomah, S.Pd., M.Pd. memberikan kiat-kiat agar menjaadi seorang editor yang handal dan teliti.

“Tugas seorang editor selain membenahi kesalahan ketik, membenahi kesalahan tanda baca, membenahi kesalahan pilihan kata, frasa, tetapi juga membenahi struktur kalimatnya. Ketelitian editor akan diuji apabila menemui penulis yang memiliki pola spiral dalam penulisannya. Akan tetapi sisi menarik dari menjadi editor, apabila tulisan yang kalian edit menjadi best seller dan diminati banyak orang”, ujarnya.

Kun Anti dan Alfiah Nurul alumni Sastra Indonesia UM memberikan motivasi untuk bagaimana cara membagi waktu.

“Bagilah waktu kalian dengan baik, dahulukan kegiatan yang menjadi prioritas sebelum kegiatan yang lain. Meskipun saya bekerja sebagai guru tetapi tidak menyurutkan semangat saya untuk menjadi seorang editor. Seyogyanya kalian yang mahasiswa mampu lebih baik dari saya dalam hal membagi waktu,” ujarnya.

Acara ini berlanjut dengan memberikan cinderamata berupa buku kepada Jurusan Sastra Indonesia UM.

Pewarta           : Nuri Riskian – Internship Humas UM