image_pdf

Malang. Kegiatan perayaan tahun baru Cina 2019, Pusat Bahasa Mandari Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan lomba desain kostum ramah lingkungan dengan tema “Happy Chinese New Year, Fashion Design Competition” dan upacara pemberian hadiah pemenang lomba fotografi dengan tema “Tiongkok / Pusat Bahasa Mandarin di Mataku” pada Sabtu, (9/2) di Aula Gedung A3 lantai 2 UM.

Tujuan diselenggarakan kegiatan perlombaan ini selain untuk merayakan tahun baru Cina, juga untuk memperkenalkan budaya Tiongkok kepada semua orang. Dari rangkaian kegiatan perlombaan yang diselenggarakan, semua orang dapat mengenal budaya-budaya Tiongkok dari karya yang ditampilkan. 

Salah satu bidang lomba yang diselenggarakan adalah desain kostum ramah lingkungan. Pada lomba ini, terpilih 5 peserta dari kelompok sekolah menengah dan 12 peserta dari kelompok universitas yang telah lolos seleksi tahap awal. Setelah peserta lolos seleksi, mereka menampilkan karya-nya dengan melakukan Fashion Show yang kemudian dinilai oleh dewan juri.

Direktur Pusat Bahasa Mandarin UM dari pihak Indonesia sekaligus direktur Hubungan Internasional UM, Evi Eliana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan selebrasi untuk merayakan perbedaan, sekaligus perayaan kerjasama UM dengan Guangxi University dan pemerintah Tiongkok.

“Acara ini adalah sebuah selebrasi kami untuk merayakan perbedaan, di mana karena perbedaan itulah hdup kita menjadi lebih indah. Dan juga sekaligus acara ini adalah untuk merayakan kerjasama kami dengan Guangxi University dan pemerintah Tiongkok,” ungkapnya.

Pewarta  : Diana Rahmawati Sutrisno – Internship Humas UM
Pewarta Foto : Riska Febrianti – Internship Humas UM